Menpan: Wakil Menteri Sangat Berguna

Azwar Abu Bakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -  Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyatakan kedudukan dan tugas Wakil Menteri sudah sesuai secara tekstual karena diatur oleh Peraturan Presiden (Perpres) No 92 tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara.

"Secara konstekstual tidak masalah, walaupun secara tekstual tidak diatur," kata Azwar. "Banyak di negeri ini yang tidak diatur secara tekstual, tapi karena butuh dicari dan dilaksanakan," kata Azwar Batubara saat ditemui seusai rapat kerja pemerintah 2012 di Jakarta, Kamis 19 Januari 2012.

Azwar enggan berkomentar jabatan wakil menteri itu dari segi hukum, namun dari segi fungsional, politikus Partai Amanat Nasional itu menjelaskan posisi wamen sangat fungsional. Di Kemenpan, juga telah melakukan pembagian tugas yang jelas antara menteri dan wakil menteri.

Wamen, lanjutnya, berbeda dengan pejabat eselon satu lainnya seperti Sekretaris Jenderal. Jika wamen dan menteri dapat bekerjasama dengan baik, maka dapat mengeluarkan kebijakan yang bagus.

Azwar menjelaskan wakil menteri dipilih berdasarkan kepentingan politik namun sumbernya bukan dari kalangan partai politik. Karena Wamen dipilih oleh Presiden, maka Presiden yang melantik Wamen.

Ia menegaskan Wamen berada di atas eselon satu dan dapat mengkoordinasikan eselon satu. "Salah satunya adalah bisa mengoordinasikanlah, mau satu strip (di atas eselon satu) boleh, setengah strip juga boleh," katanya.

Saat ini yang terpenting adalah Wamen tinggal bekerja dengan bagus. "Saya paling berterimakasih dengan adanya wamen dan saya bisa membagi tugasnya," katanya. "Dengan adanya wamen, semua senang, menteri senang dan wamen tugasnya tidak dikejar bola," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet, Dipo alam, menyatakan secara pribadi jabatan wamen tidak masalah. Wamen harus dipilih dari kalangan non politik, dan harus profesional dari jenjang karir dan keahliannya. "Kalau itu disebut merusak, apa yang merusak?" (umi)

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia
Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024