KPK Telusuri Ruang Rapat Banggar Rp20 M

Ruang Rapat Baru Banggar DPR
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews -- Pemborosan renovasi ruang Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang menyedot dana sebesar Rp20 miliar tak hanya memicu kontroversi dalam masyarakat dan saling tuding di internal Dewan, tapi sudah masuk ranah hukum.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan dugaan korupsi pada proyek renovasi ruangan itu. Saat ini KPK telah melakukan analisis terhadap laporan tersebut. "Kami sedang dan akan melakukan penelusuran," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta. Kamis, 19 Januari 2012.

Menurut Johan, terkait laporan tersebut KPK telah melakukan pengumpulan bahan keterangan sejak sepekan lalu. Meski demikian, Johan mengatakan pihaknya belum akan memanggil dan memeriksa sejumlah pihak-pihak di DPR yang terkait dengan proyek itu dalam waktu dekat ini. "Tidak selalu dengan cara memanggil, bisa jadi kita ke sana," ujarnya.

Ditanya apakah nilai proyek renovasi ruang rapat Banggar DPR senilai Rp20 miliar itu dinilai wajar. Johan menyatakan ukuran besaran nilai proyek adalah relatif.

"Namun kalau tindak pidana korupsi, tidak perlu besar atau kecil. Kami pasti akan tindak," ucapnya.

Laporan soal ruang Banggar disampaikan Anggota Komisi III DPR Syarifuddin Suding pada Kamis, 12 Januari 2012. Secara verbal.

Sementara, anggota Komisi III dari Fraksi PPP, Ahmad Yani mendukung upaya yang dilakukan Suding melaporkan ke KPK terkait renovasi ruang rapat Banggar.

"Karena menurut saya ini memang tidak masuk akal dan tidak jelas kenapa harus direnovasi. Kan ruang Banggar yang lama saja masih bisa dipakai kok," tuturnya.

Lagipula, katanya, angka Rp20 miliar itu angka yang fantastis dan tidak masuk akal. "Kursi saja masa harus impor, memang itu kursi untuk apa sih. Alasan-alasan itu kita tidak pernah tahu dan tidak pernah dikasih tahu," ujarnya. (umi)

Netanyahu: Perang Bisa Berakhir Besok Jika Hamas Meletakkan Senjatanya dan Menyerah
Warga melihat kondisi pascabanjir lahar dingin atau 'Galodo' dari Gunung Marapi menerjang Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatera Barat, Jumat (5/4/2024). Banjir lahar dingin ini menerjang kawasan pemukiman dan memutus ruas jalan Bukitti

Jumlah Korban Tewas Banjir Lahar Gunung Marapi Bertambah Jadi 50 Orang, Menurut BNPB

BNPB melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar hujan Gunung Marapi yang melanda lima kabupaten di Sumatra Barat kembali bertambah enam orang.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024