Demokrat: Rapat Cikeas Tak Bahas Posisi Anas

Achmad Mubarok
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Achmad Mubarok, membenarkan elit partainya menggelar pertemuan di Puri Cikeas, Jawa Barat, malam ini, Selasa 24 Januari 2012. Menurut dia, pertemuan itu merupakan agenda rutin partai.

"Rapat itu rapat rutin dewan pembina. Rapat itu sistemnya tiga kali rapat, dipimpin Wakil Ketua Dewan Pembina, dan sekali oleh Ketua Dewan Pembina. Biasalah membahas masalah partai," ujar Mubarok saat dihubungi.

Mubarok tak menampik kabar yang menyebutkan pertemuan ini akan membahas kasus suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Palembang, yang menyeret-nyeret nama sejumlah kader partainya. Namun, dia membantah dalam rapat malam nanti akan membicarakan posisi sang Ketua Umum, Anas Urbaningrum, yang namanya disebut-sebut terlibat kasus suap di Kementerian Pemuda dan Olah Raga itu.

"Bukan posisi itu (Ketua Umum), tapi posisi partai. Jadi tidak spesifik Anas, cuma partai melihat, kan seperti tersandera dengan kasus Nazaruddin. Karena itu kami bicarakan bagaimana ke depan karena kami juga perlu dengar langsung dari Pak SBY."

Mubarok mengakui selama ini muncul tuntutan untuk menonaktifkan Anas sebagai Ketua Umum. Bahkan usulan itu sudah ada sejak lama. "Tapi kemudian ada yang mengatakan tidak bisa langsung begitu, harus sesuai AD/ART dan kami harus mendengarkan dari Pak SBY sebagai Ketua Dewan Pembina."

Wakil Ketua Umum Demokrat, Max Sopacua, mengaku tidak mengetahui genda rapat di Cikeas nanti malam. "Wah saya tidak tahu, mungkin hanya dengan Dewan Pembina," ujar dia.

Dia juga mengatakan, pertemuan itu tidak mungkin membicarakan masalah penonaktifan Anas. Menurut Max, soal Anas, partainya menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum. Demokrat juga tak pernah menanyakan kasus wisma atlet kepada Anas. "Tapi sejauh ini kami tidak pernah singgung itu," kata Max.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Nama Anas disebut-sebut terlibat dalam kasus suap wisma atlet Palembang ini. Namun, Anas beberapa kali membantah terlibat kasus itu. Anas sendiri pernah menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus itu.

Game online Bleach.

Game Online Ini Bisa Memberikan Sensasi ke Pemain

Game online Bleach: Soul Reaper hadir dengan update terbaru yang membawa Arc Arrancar bersama fitur keren. Pemain atau gamer bisa merasakan sensasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024