Komisi III: Polisi Jangan Takut Usut John Kei

John Key Ditembak
Sumber :
  • Nila/ VIVAnews

VIVAnews - Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrat, Benny K. Harman, meminta agar polisi tidak takut meski pendukung John Refra atau John Kei memberikan tekanan kepada kepolisian. 

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

"Tak perlu takut," kata Benny di Gedung DPR, Selasa 21 Februari 2012.

Penyelesaian kasus John Kei, kata Benny, ditentukan oleh iklim yang kondusif bagi investasi di Indonesia. "Perlu ada perlindungan bagi dunia usaha," kata Benny.

Sebelumnya, pendukung John Kei menggelar aksi protes terhadap penangkapan John Kei. Mereka menilai polisi menembak tanpa alasan dan tidak sesuai dengan prosedur. Mereka menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah kepolisian daerah.

Pendapat senada sebelumnya diungkapkan Agung Laksono. Mantan Ketua DPR itu meminta penegak hukum menuntaskan penyelidikan kasus pembunuhan pemilik PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung.

Agung minta polisi benar-benar menuntaskan kasus tersebut. "Ya negara harus menanglah. Tidak boleh kalah."

John Kei, bos jasa penagihan utang Angkatan Muda Kei (Amkei) dibekuk pada Jumat malam 17 Februari 2012 di Hotel C'One, Pulo Mas, Jakarta Timur. Ancaman hukuman dalam kasus pembunuhan Ayun tak main-main, maksimal seumur hidup.

Polisi juga menjerat pria kelahiran tahun 1969 itu dengan sembilan kasus lain. Meski belum dirinci, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, kasus lain yang diduga melibatkan John Kei terkait pengeroyokan, penganiayaan dan pembunuhan.

Polisi juga menyasar anak buahnya. Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat ada 12 laporan tindak kriminalitas yang melibatkan kelompok Kei sejak 2010 hingga 2012. Kasus itu diantaranya, penganiayaan, pembunuhan, pendudukan lahan, kepemilikan senjata tajam, dan perbuatan tidak menyenangkan.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024