Survei Unggul, Tokoh Belum Tentu Jadi Capres

Debat Cawapres Putaran Terakhir : Prabowo
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru mengenai capres potensial pada 2014 menunjukkan keunggulan Prabowo Subianto dibanding tokoh lainnya.

Menurut Sekjen DPP PPP, Romahurmuziy, unggul dalam survei belum bisa menjadi patokan dan kepastian menjadi pemimpin nasional di masa mendatang.

Sebab, menurut Romi, sapaan akrab Romahurmuziy, partai apa pun tidak dapat begitu saja dengan mudah mengusung seseorang menjadi calon presiden.

"Kalau hasil pemilu legislatif sudah ketahuan, masing-masing partai peserta sudah terlihat perolehannya berapa persen, baru kemudian bicara capres," ujar Romi kepada VIVAnews, Minggu 26 Februari 2012.

Sejumlah tokoh yang muncul melalui beragam hasil survei akhir-akhir ini, meski mendapat dukungan responden yang tinggi, belum tentu bisa dicalonkan. "Tokoh-tokoh yang sekarang ini memiliki elektabilitas tinggi itu harus ingat bahwa mereka juga belum tentu bisa dicalonkan," kata Romi.

Karena, Romi melanjutkan, belum ada di antara survei yang ada itu menyebutkan satu partai pun mendapat skor elektabilitas di atas 20 persen. "Kalau belum ada partai yang dapat dua puluh persen, maka belum tentu Prabowo jadi calon," kata Romi.

Romi mengatakan, jika hari ini bursa capres masih didominasi wajah-wajah lama adalah hal yang wajar. Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, dan yang lainnya memang sudah dikenal publik sebagai tokoh politik sejak 2004.

Meski begitu, menurut Romi, bukan berarti tidak ada peluang munculnya tokoh baru untuk dapat dipilih masyarakat pada 2014. PPP sedang mempertimbangkan untuk mengusung sosok baru tersebut.

"Tidak tertutup kemungkinan juga kami, PPP, memiliki capres alternatif. Itu mungkin bisa muncul sebagaimana kemunculan SBY pada 2004," kata Romi. (art)

Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya
Ilustrasi zodiak

Prediksi Ramalan Zodiak Sabtu 11 Mei 2024, Hari Ini Bakal Ada Beragam Peristiwa

Zodiak Aquarius salah satunya, mereka harus sangat berhati-hati hari ini dan berpikir mendalam sebelum mempercayai siapa pun karena kegagalan bisa sebabkan kerugian besar

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024