Eks Ketua Demokrat Cilacap Klarifikasi Nurhayati

Tridianto, mantan Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap
Sumber :
  • Syahrul Ansyari/VIVAnews

VIVAnews - Mantan Ketua Partai Demokrat Cilacap, Tridianto MS, mengklarifikasi pernyataan Nurhayati Assegaf yang menyebut dirinya masuk partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu karena jasa Anas Urbaningrum. Menurutnya, pernyataan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu keliru besar.

Tridianto menjelaskan, dirinya justru lebih dahulu masuk Partai Demokrat ketimbang Anas. Ia masuk tahun 2003, dan Anas menyusul tahun 2005 atau dua tahun kemudian.

"Jadi, Ibu Nurhayati salah. Kalau mau komentar, baca dan pelajari dulu," kata Tridianto kepada wartawan di rumah Anas di kawasan Duren Sawit, Jakarta, Rabu, 27 Februari 2013. Ia bahkan berasumsi, justru Anas masuk Demokrat karena dirinya.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Kemarin, Nurhayati Assegaf mengatakan bahwa mundurnya Anas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat tidak serta-merta diikuti yang lain. Jika ada yang mengikuti jejak Anas, hal itu dikarenakan kader tersebut masuk ke Demokrat atas jasa sang mantan Ketua Umum.

"Bahwa DPC Cilacap adalah satu orang saja, dua orang ini (wakil direktur eksekutif Partai Demokrat, M Rahmad) mungkin mereka masuk Partai Demokrat karena Anas, mereka mundur karena bersama-sama dengan Anas. Tetapi yang lain masuk Partai Demokrat karena SBY, saat jadi ketum tentu semua loyal dengan Anas," kata Nurhayati, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat.

Tridianto juga menjelaskan bahwa ia mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap bukan mengikuti jejak Anas. Sebab, ia pun lebih dulu mundur, yakni pada Jumat, 22 Februari 2013. Sedangkan Anas menyatakan berhenti sebagai Ketua Umum pada Minggu, 24 Februari 2013.

Namun Tridianto mengakui bahwa ia melepaskan jabatan karena telah berkomitmen mundur apabila Anas ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. "Jadi, saya sudah menunaikan komitmen saya."

Komitmen itu dibuat karena ia yakin Anas tidak terlibat kasus korupsi seperti yang disangkakan KPK. Persangkaan itu, katanya, cenderung politis demi mendongkel posisi Anas. (eh)

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek
Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024