Pasangan Sapi Daftar Pilkada ke KPU Surabaya

Sepasang sapi 'daftar pilkada' ke KPU Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ MZ. Abidin.

VIVA.co.id - Jelang menit terakhir masa perpanjangan pendaftaran Pilkada Surabaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya dikepung ratusan massa. Mereka menggelar aksi sambil membawa dua ekor sapi untuk didaftarkan sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota dalam pilwali Surabaya.

Dua ekor sapi itu merupakan bentuk sindiran warga kota Surabaya kepada partai politik yang tidak berani mengusung pasangan calon pada pilkada serentak.

"Jika tidak ada pasangan yang mendaftar, kami daftarkan pasangan sapi ini. Sapi saja berani daftar, mengapa parpol tidak berani," kata koordinator aksi, Afrizaldi, Selasa 11 Agustus 2015.

Langkah politik yang diambil koalisi Majapahit dalam hal tidak mengusung pasangan calon dalam pilwali Surabaya dinilai sebagai kegagalan sistem demokrasi di Surabaya. Afrizaldi bahkan menduga koalisi Majapahit sengaja menjegal Pilkada serentak di Kota Surabaya.

"Ada unsur kesengajaan untuk menggagalkan pilwali di Surabaya," ujarnya.

Massa juga memprotes kebijakan KPU Surabaya yang memperpanjang masa pendaftaran pasangan calon. Sebab, menurut mereka, KPU sepatutnya mengesahkan pasangan yang mendaftar (Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana) sebagai pemenang.

Sementara itu, di hari terakhir perpanjangan masa pendaftaran kalai kedua, pasangan calon walikota dan wakil walikota Surabaya yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN), Rasiyo-Dhimam Abror dijadwalkan  akan mendaftar ke KPU Surabaya.

Jika tidak ada halangan, pasangan Rasiyo-Abror akan mendaftar pukul 15.00 WIB. Rencananya Rasiyo-Akbar akan mendatangi KPU dengan diarak pendukungnya dari Gedung Juang 45 Surabaya menuju KPU.

Risma Akui Sulit Sejahterakan Warga Surabaya

Kota Surabaya merupakan satu dari tujuh daerah yang menerima ekstra perpanjangan pendaftaran bakal calon dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang. Enam daerah lainnya adalah Kota Samarinda, Kota Mataram, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Pacitan.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Jaklovers Siap-siap Jemput Risma untuk Jakarta

Risma disebutkan sosok yang bersahaja.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016