Sudirman Said Serahkan Nama dan Bukti Pencatut Jokowi

Menteri ESDM, Sudirman Said.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, menemui Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI untuk melaporkan dugaan pelanggaran etik anggota dewan yang mencatut nama Presiden Jokowi terkait PT Freeport.

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Menurut dia, ada beberapa hal yang disampaikan dalam pertemuan itu. Salah satunya terkait pertemuan anggota DPR yang dituding mencatut nama Jokowi dengan petinggi PT Freeport.

"Saya telah menjelaskan nama, waktu, dan tempat kejadian, dan pokok pembicaraan yang dilakukan oleh oknum salah satu anggota DPR dengan pimpinan Freeport. Ini agar MKD bisa menindaklanjuti dengan proses institusional dan konstitusional," ujarnya saat menggelar konferensi pers di MKD DPR RI, Jakarta, Senin, 16 November 2015.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Sudirman mengatakan, ada seorang anggota DPR bersama pengusaha yang beberapa kali bertemu dengan pimpinan PT. Freeport Indonesia. Pada pertemuan ketiga, anggota DPR tersebut bertemu pimpinan Freeport di sebuah hotel di kawasan Pacific Place, SCBD, Jakarta.

"Anggota DPR tersebut menjanjikan cara penyelesaian tentang kelanjutan kontrak Freeport dan meminta agar saham yang disebutnya diberikan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla," katanya menambahkan.

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

Sudirman mengatakan, keterangan tersebut ia peroleh dari petinggi
PT. Freeport langsung. Perusahaan tambang multinasional itu melapor karena ia selalu meminta Freeport, sejak mulai negosiasi, agar perusahaan itu melaporkan setiap interaksi dengan pemangku kepentingan di Indonesia.

"Hal ini menjaga agar keputusan apa pun diambil secara transparan, mengutamakan kepentingan nasional, dan bebas campur tangan pihak-pihak yang akan mengambil kepentingan pribadi.'

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya