PAN: Sistem Kampanye Sudah Bergeser ke Media Sosial

Vlogger Gathering 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, menilai pelaksanaan kampanye yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak banyak berpengaruh terhadap perolehan suara partainya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Soeparno menyebutkan, berdasarkan hitung cepat Pilkada serentak 2015, PAN memperoleh jumlah suara di atas target yang ditentukan.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


"Di satu sisi, memang ingar-bingar kampanye tidak terlalu terasa. Namun, ini tidak berpengaruh besar terhadap perolehan dukungan pemilih," ujar Eddy di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati No 113, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Desember 2015.


Menurut Eddy, sejauh ini sosialisasi pasangan calon dengan turun langsung ke masyarakat dirasa cukup baik sehingga respons pemilih juga cukup tinggi.


Selain itu, menurut Eddy, saat ini merupakan waktu peralihan. Sistem kampanye tradisional seperti menggunakan spanduk dan baliho mulai dikurangi.


"Sistem kampanye bergeser ke virtual melalui media sosial menggunakan internet," ujar Eddy.


Berdasarkan hitung cepat yang diperoleh pada Kamis, 10 Desember 2015, pukul 08.00 WIB, sebanyak 140 pasangan calon yang diusung PAN unggul di wilayah masing-masing.


"Target kami pada awalnya 50 persen, tetapi melalui hitung cepat sudah 55,1 persen. Jadi sudah melampaui target," kata Eddy.


Adapun rincian dari 140 pasangan calon tersebut, pasangan untuk gubernur dan wakil gubernur menang di enam provinsi dari sembilan provinsi yang mengikuti Pilkada serentak pada tahun 2015. Sedangkan pasangan calon untuk bupati atau wakil bupati dan wali kota atau wakil wali kota sebanyak 134 pasangan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya