Bamus Bahas Calon Ketua DPR Sebelum Disahkan Paripurna

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id - Pelaksana Tugas Ketua DPR, Fadli Zon, menjelaskan bahwa pimpinan DPR akan melakukan rapat di Badan Musyawarah (Bamus) sebelum melakukan rapat paripurna.

Fadli tidak membantah bila rapat Bamus membahas dua nama kandidat calon Ketua DPR pengganti Setya Novanto. Kedua nama tersebut adalah Ade Komarudin dan Agus Gumiwang.

"Itu nanti kami bahas di dalam Bamus. Kami tentukan, nantikan bagaimana kesepakatannya," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 11 Januari 2016.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, salah satu yang menjadi materi pembahasan adalah legalitas kepengurusan. Ade Komarudin dari Partai Golkar, sedangkan Agus Gumiwang dari kubu Agung Laksono yang SK-nya dicabut oleh Menkumham, Yasonna Laoly.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, mengatakan bahwa keputusan dilaksanakannya rapat paripurna dan rapat Bamus hari ini sebagai tindak lanjut pertemuan pimpinan DPR pada Jumat pekan lalu.

"Sedianya rapatnya pimpinan pada Jumat pagi (8 Januari 2016) setelah selesai salat Jumat. Pimpinan ada saya, Pak Fadli Zon dan Pak Fahri kemudian disepakati kami melakukan paripurna hari ini jam 11.00 yang didahului rapat Bamus," ungkap Agus.

Ketua DPR Sambut Baik Reshuffle Kabinet

Politikus Partai Demokrat itu menjelaskan bahwa rapat Bamus seharusnya bisa dilakukan pada Jumat lalu. Namun kemudian tertunda. "Ada undangan pelantikan Kepala Sandi Negara, sehingga kami tunda rapatnya." (one)

Ketua DPR RI Ade Komarudin

RUU Kamnas Dirancang Jadi Penyelaras Kewenangan Instansi

'Agar fungsi masing-masing instansi tak tumpang tindih.'

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016