Gerindra Rotasi Alat Kelengkapan Dewan di DPR

Raker Komisi II DPR RI dengan Menteri Desa
Sumber :
  • foto : VIVA.co.id/Ririn Aprilia

VIVA.co.id - Fraksi Partai Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan rotasi komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sejumlah ketua dan wakil ketua komisi asal partai besutan Prabowo Subainto ini diganti.

Tol Laut di Malut Tidak Efektif

"Tahun baru posisi baru. Rotasi hal yang biasa di Gerindra agar anggota mempunyai pengalaman di masing-masing komisi. Penyegaran juga bertujuan untuk kinerja yang bertambah," kata Wakil Ketua Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Selasa, 12 Januari 2016.

Namun demikian, tidak ada pergantian untuk ketua dan wakil ketua fraksi. Ketua Fraksi masih tetap Ahmad Muzani. Sementara posisi wakil ketua fraksi tetap dijabat Sufmi Dasco Ahmad.

Gerindra: Penunjukan Sri Mulyani Bahayakan Eksistensi UKM

Rotasi yang dilakukan antara lain untuk jabatan ketua Baleg (Badan Legislasi) yang sebelumnya dijabat Sarah Wiryono digantikan Supratman Andi Agtas yang juga bertugas di Komisi VII. Gerindra berharap ketua Baleg yang baru akan lebih energik mendorong penyelesaian produk legislasi.

"Baleg dituntut masyarakat untuk menyelesaikan undang-undang sebanyak mungkin. Rotasi ini untuk peningkatan kinerja," ujar Sufmi Dasco.

Kemudian rotasi juga dilakukan untuk posisi ketua komisi VII. Komisi Energi ini awalnya di ketuai oleh Kardaya Warnika akan digantikan dengan Gus Irawan Pasaribu yang awalnya menjabat wakil ketua Komisi XI.

Jabatan wakil ketua Komisi XI yang sempat diduduki Gus Irawan Pasaribu akan diisi oleh Suprianto yang sebelumnya bertugas di Komisi VII. Rotasi juga dilakukan di komisi VI yang mengurusi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Wakil Ketua Komisi VI yang awalnya dijabat Heri Gunawan digantikan Muhamad Haikal yang sebelumnya adalah anggota Komisi VI.

Sementara Wakil Ketua Komisi X Nuroji akan digantikan oleh Sutan Adil Hendra yang sebelumnya memang anggota komisi yang mengurusi kebudayaan, pendidikan dan olah raga tersebut.

Catatan Kritis Gerindra Soal Revisi UU KPK

Sementara untuk MKD tak terkena rotasi dari fraksi. "MKD tadinya saya mau diganti, tapi enggak ada yang mau."

(mus)

Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR

Tim Kunker Komisi V Kunjungi Rusunawa Rancacili, Bandung

Mengapresisasi atas pembangunan Rusunawa Rancacili.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016