Semua Gubernur Dipastikan Dilantik di Istana Presiden

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla berfoto bersama para gubernur di Istana Bogor, Jabar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Setelah menuai pro dan kontra, pemerintah memastikan seluruh gubernur yang terpilih dari Pilkada Serentak 9 Desember 2015 akan dilantik secara bersama-sama pula oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan direncanakan berlangsung pertengah Februari 2016.

"Sudah pasti diputuskan, dalam waktu dekat menteri dalam negeri telah meminta waktu dan menyodorkan waktu minggu ke-2 pada bulan Februari untuk pelantikan gubernur yang tidak ada masalah," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Istana Negara Jakarta, Selasa 2 Februari 2016.

Saat ini penghitungan suara masih dilakukan untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah. Sementara kepala daerah hasil pilkada lainnya yang sempat tertunda akan dilantik pada gelombang selanjutnya.
 
Pramono menjelaskan, semangat dari Pilkada Serentak 2015 adalah semangat kebersamaan. Pula hal itu sebagai salah satu dasar para kepala daerah provinsi dilantik serentak oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum Dilantik, Bupati di Bali Diperiksa Kasus Korupsi

Namun untuk pelantikan bupati dan walikota tetap di ibu kota provinsi masing-masing.

Presiden Joko Widodo akan dijadwalkan bisa bertatap muka dengan seluruh bupati dan walikota yang terpilih dari Pilkada serentak 2015.

"Apakah nanti setelah mereka dilantik di provinsi kemudian Presiden mengudang kepala daerah untuk katakanlah membangun sebuah sinergi baru antara pemerintah pusat dengan pemerintah tingkat dua dan tingkat satu," kata Pramono.

(ren)

Wakil Bupati Ini Cemas Belum Dapat Istri Jelang Dilantik
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Mendagri Bisa Ambil Alih Pelantikan Bupati Konawe Selatan

Gubernur Sultra enggan melantik Bupati Konawe Selatan, kenapa?

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2016