Dilantik, Bupati Konawe Selatan Diingatkan Utang Politik

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Kemendagri (23/2/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akhirnya melantik Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan terpilih, Surunuddin Dangga-Arsalim. Kedunya akan menjabat sebagai kepala dan wakil kepala daerah untuk masa bakti 2016-2021.
 
"Saya percaya Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Saya yakin Saudara dipilih oleh rakyat bukan diberikan jabatan oleh yang lain. Itu amanah masyarakat Konawe Selatan," pesan Tjahjo saat melantik keduanya di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Februari 2016.

Pelantikan Pejabat di Pemkab Kediri, Mas Dhito Tekankan Pentingnya Loyalitas dan Kejujuran

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam enggan melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan terpilih dengan alasan adanya masalah administrasi perihal pengunduran diri saat mendaftarkan diri menjadi calon kepala daerah.

Mereka seharusnya dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 bersamaan dengan pasangan kepala daerah terpilih lainnya.

Jokowi Lantik Empat Gubernur dan Dua Wakil Gubernur

Tjahjo juga meminta agar keduanya segera menyusun rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang pemerintahan sebagaimana janji-janji kampanye yang mereka lakukan. Selain itu, pembangunan harus diprioritaskan untuk kesejahteraan rakyat.

"Laksanakan janji-janji kampanye pilkada karena itu adalah utang politik. Segera setelah dilantik laksanakan tugas dengan baik," kata Tjahjo.

Mendagri Lantik Empat Gubernur Pekan Depan

Mendagri mengingatkan agar dalam melaksanakan roda pemerintahan, keduanya bisa solid antara lain dalam pengambilan keputusan politik, penyusunan anggaran dan penyusunan peraturan daerah. Selain itu kepala daerah harus bisa bersinergi dengan DPRD.

"Seorang kepala daerah dan wakilnya dalam pemerintahannya harus ingat tidak berdiri sendiri. Jangansendiri-sendiri, harus bersama dengan DPRD juga dalam menyusun peraturan daerah," kata politikus PDI Perjuangan tersebut.

Pelantikan bupati dan wakil bupati hari ini dihadiri Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarul Zaman dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Juri Ardiantoro. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya