Warga Bandung Keluhkan Pengamanan Pelantikan Kepala Daerah

Kawasan Jalan Asia Afrika Pasca Pelantikan Kepala Daerah
Sumber :
  • Mega Dwi Anggraeni/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelantikan bupati/wali kota di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, mendapat kritik dari warga dan karyawan yang beraktivitas di kawasan Jalan Asia Afrika. Mereka mengaku kesulitan dengan adanya pengetatan pengamanan.

Pelantikan Pejabat di Pemkab Kediri, Mas Dhito Tekankan Pentingnya Loyalitas dan Kejujuran

Ilham Tama (32), salah satunya. Karyawan yang bekerja pada perusahaan media ini mengaku kesulitan masuk ke Jalan Asia Afrika, saat mengantar istrinya Meina (31), yang sehari-hari bekerja di bank swasta di kawasan itu.

Keduanya datang dari Cimahi menggunakan sepeda motor sekitar pukul 06.30 WIB. Namun, mereka tidak bisa melintas Jalan Asia Afrika, lantaran ditutup.

Usai Tiga Tahun Kosong, Wagub Sulteng Resmi Dijabat Rusli Baco

"Motornya saya parkir di Banceuy dan kami jalan ke Asia Afrika. Tapi ternyata kami juga tidak bisa langsung masuk, dan harus menjalani pemeriksaan ketat," kata Ilham, Rabu, 17 Februari 2016.

Tas yang dibawa keduanya pun diperiksa aparat yang berjaga. Keduanya juga harus memperlihatkan KTP dan kartu identitas perusahaan kepada petugas. Sementara sebagian karyawan yang tidak membawa kartu identitas perusahaan, berusaha menghubungi rekan sekantornya.

Pesan Jokowi ke Gubernur Baru Lampung, 'Back Up' Kebutuhan Ibu Kota 

"Tadi saya lihat ada yang langsung mengontak kantornya karena tidak bawa ID (kartu identitas). Saya sendiri tadinya dilarang masuk," jelasnya.

Ilham mengaku kesal dengan kondisi tersebut. Terlebih selama ini, agenda pelantikan pejabat biasanya dilakukan di Gedung Sate, bukan di kawasan padat seperti Jalan Asia Afrika.

"Tadi istri saya juga kasih tahu, teman kantornya banyak yang telat gara-gara pelantikan," ujar Ilham.

Penutupan Jalan Asia Afrika sudah dilakukan sejak Senin, 16 Februari 2016, sore, guna melancarkan pelantikan lima bupati dan wali kota terpilih di Jawa Barat. Jalan Asia Afrika baru kembali dibuka pasca pelantikan, sekitar pukul 11.00 WIB.

Di Jawa Barat, ada delapan kepala daerah baru hasil Pilkada serentak lalu, hari ini baru enam kepala daerah yang dilantik. Mereka adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Karawang.

Sedangkan Bupati Cianjur dan Tasikmalaya tidak dilantik hari ini karena masa jabatan kepala daerahnya belum habis. Masa jabatan kepala daerah Tasikmalaya habis Maret 2016, dan Cianjur Juni mendatang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya