Usai Tiga Tahun Kosong, Wagub Sulteng Resmi Dijabat Rusli Baco

Presiden Jokowi melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg. Pallabi.
Sumber :
  • VIVAnews/ Eduward Ambarita

VIVA – Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg. Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019. Pelantikan Rusli diawali pembacaan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 66/P/2019 tanggal 23 Juli 2019.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Pantauan VIVAnews, pelantikan itu diawali tradisi kirab Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dalam pembacaan sumpah wagub, Presiden Jokowi membaca petikan pelantikan. "Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti Rusli.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Dalam acara pelantikan itu, turut hadir di antaranya Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra yang merupakan pengurus pusat partai pengusung.

Seperti diketahui, pelantikan Rusli menggantikan wakil gubernur sebelumnya Sudarto, yang meninggal dunia Oktober 2016 lalu. Saat itu Sudarto berpasangan dengan Longki Djanggola.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Jabatan nomor dua di Sulawesi Tengah itu praktis kosong selama hampir tiga tahun. Kemudian DPRD Sulawesi Tengah sepakat mengajukan Rusli sebagai Wakil Gubernur. (ren)

Ilustrasi penangkapan teroris.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Mantan narapidana kasus terorisme, Arifuddin Lako, mendukung upaya BNPT dan Kepolisian dalam menuntaskan masalah radikalisme terorisme di Sulawesi Tengah. 

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024