PDIP: Sumatera Utara Jadi Benteng Hidup Bung Karno

Hasto dan PDIP di Sumatera Utara
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA.co.id - Berdasarkan perspektif kesejarahan, Sumatera Utara (Sumut) memiliki nilai tersendiri bagi PDI Perjuangan. Hal ini disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat sambutan di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sumatera Utara, Jumat 26 Februari 2016.

Gerindra: PDIP Tidak Punya Masalah dengan Prabowo, Kami Juga Tak Punya Masalah dengan Bu Mega

Lewat keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Hasto menceritakan bagaimana kisah pahit dan perjuangan Bung Karno pernah diasingkan di Berastagi dan di Parapat.

"Berdasarkan dokumen sejarah, Sumut menjadi benteng hidup bagi Bung Karno dan tokoh nasional lainnya," ujar Hasto.

Berlandaskan perspektif kesejarahan tersebut dan ditambah dengan hasil pilkada serentak akhir tahun lalu, Hasto berharap Sumatera Utara bisa menjadi pilar bagi PDIP.

"Itulah mengapa Bu Mega berharap kepada Pemerintah Pusat untuk menjadikan seluruh bagian kabupaten yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba menjadi geopark, pusat penelitian dunia. Ternyata Presiden merespons harapan itu dan sekarang sudah ada Otorita Danau Toba," ucap Hasto.

"Semoga 2018, Sumut kembali ke pangkuan PDIP," tambah Hasto.

Ditempat yang sama, Ketua DPP PDIP Trimedya Panjaitan yang juga anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Utara II menambahkan memang prestasi besar bagi PDIP atas hasil pilkada serentak lalu.

"Tapi seluruh kader PDIP harus diingatkan untuk tidak terlena. Mempertahankan kemenangan lebih sulit. Tahun depan akan ada dua pilkada di Tebing Tinggi dan Tapanuli Tengah," kata Trimedya.

Menurutnya, posisi PDIP di pemerintahan, kemenangan di pilkada 2015 dan faktor kesejarahan hubungan Bung Karno, diharapkan akan menjadi pemicu PDIP menjadi partai yang disukai masyarakat Sumut.

"Tentunya para kepala daerah yang baru dilantik bisa mengimplementasikan berbagai program pro rakyat, sehingga kader PDIP yang duduk di eksekutif memang bisa memberi harapan bagi masyarakat Sumut," ujar Trimedya.

Hasto mengingatkan saat ini PDIP sedang menghadapi ujian yang sebenarnya pasca kemenangan di pilkada.

"Kader PDIP seharusnya memegang kekuasaan untuk berpihak pada yang miskin, yang terpinggirkan. PDIP harus menggunakan momentum di pemerintahan supaya PDIP tetap di hati rakyat," ucap Hasto.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

PDIP menyepakati bahwa Proklamator RI Sukarno atau Bung Karno milik semua kalangan seperti yang disampaikan presiden terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024