Ratu Yogyakarta Tak Setuju Menantunya Maju di Pilkada

Sri Sultan HB X dan permaisuri GKR Hemas di Keraton Yogya, Jumat (8/5/2015)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVA.co.id – Nama menantu Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, KPH Wironegoro, digadang-gadang menjadi salah satu calon Wali Kota Yogyakarta dalam Pilkada serentak 2017 yang akan datang. Wironegoro disebut bakal diusung oleh Partai Gerindra.  

PKB Usul Ambang Batas Parlemen Sembilan Persen

Namun rencana partai besutan Prabowo Subianto tersebut tampaknya bakal sulit terealisasi lantaran GKR Hemas yang merupakan Permaisuri Raja Yogyakarta tersebut tak merestui suami putrinya, GKR Mangkubumi maju di Pilkada Yogyakarta.

"Itu bohong, tidak benar," kata GKR Hemas usai melaksanakan kunjungan reses di Pemda Bantul, Yogyakarta, Selasa 5 April 2016.

Argumen DPR Soal Pembuatan PKPU Wajib dengan Konsultasi

Wakil Ketua DPD RI ini menegaskan tidak ada anak ataupun menantunya yang akan maju menjadi kandidat wali kota maupun bupati di Yogyakarta.

"Tidak ada anak dan menantu yang menjadi wali kota atau bupati," tambahnya.

Tak Puas Revisi UU Pilkada, Silakan Gugat di MK

Sebelumnya, KPH Wironegoro mengatakan masih mempertimbangkan dorongan kepadanya  untuk maju menjadi calon wali kota Yogyakarta.

"Saya masih punya waktu 6 bulan untuk mempertimbangkan maju atau tidak dalam pilkada di Kota Yogya (Yogyakarta),"kata Niko sebagaimana panggilan akrab dari KPH Wironegoro.

Dia mengaku disodorkan formulir pendaftaran oleh Partai Gerindra yang diantarkan langsung ke kediamannya. Namun Niko mengatakan belum mengembalikan formulir tersebut.

"Saya harus berkomunikasi dengan keluarga besar, sahabat dan minta pendapat masyarakat Yogya (Yogyakarta) jika ingin maju," kata dia lagi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya