Kejaksaan Disarankan Tak Irit Dana tapi Ditambah jika Perlu

Junimart Girsang
Sumber :

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat dengan Kejaksaan Agung di kompleks Parlemen di Jakarta pada Senin, 6 Juni 2016. Kejaksaan mengungkapkan bahwa lembaga penegak hukum itu selama ini memiliki keterbatasan anggaran dalam penanganan perkara.

Terkuak, 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Adalah Bos Sriwijaya Air

Namun di tengah keterbatasan itu, Kejaksaan tetap harus berhemat atau irit, sebagaimana permintaan Kementerian Keuangan.

Anggota Komisi III DPR, Junimart Girsang, malahan menyarankan Jaksa Agung, Muhamad Prasetyo, mengabaikan kebijakan penghematan anggaran itu. Soalnya Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum tentu membutuhkan anggaran yang cukup agar kinerjanya optimal.

Diduga Amankan Mafia Pailit, Oknum Jaksa di Jatim Dilaporkan ke Jaksa Agung

"Saya kaget Bapak (Jaksa Agung) merespons penghematan. Karena, kok, dalam penegakan hukum dilakukan penghematan," kata Junimart dalam rapat itu.

Junimart berpendapat, tidak bisa dibayangkan jika anggaran Kejaksaan yang sebenarnya minim tapi masih harus dikurangi atau dihemat lagi. Jaksa Agung diminta menjelaskan itu kepada Kementerian Keuangan.

Kaget Lihat Besaran Pajak 2 Mobil Ferrari Harvey Moeis yang Disita, Pantas Ada yang Nunggak

"Tolong pikirkan agar Kejaksaan di daerah bisa bekerja maksimal tapi juga diperhatikan kebutuhannya. Harusnya Bapak (Jaksa Agung) beri penjelasan pada Kemenkeu bahwa anggaran tidak bisa dipotong, justru ditambah," ujarnya.

Legislator lain pada Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad, berpendapat serupa Junimart. Menurutnya, mengatakan penanganan pidana umum memang perlu mendapatkan tambahan anggaran. "Sehingga perlu dikaji lebih mendalam tentang apa yang kita kaji ini.”

Pemain Timnas Indonesia U-23

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

Berita seputar Timnas U-23 yang berlaga di Piala Asia adalah salah satu tema berita yang cukup menarik perhatian pembaca News VIVA, sepanjang Senin kemarin 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024