Ini Kriteria Paling Penting Calon Kapolri

Irjen (purn) Bekto Suprapto saat masih menjabat Kapolda Papua. Kini menjadi Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).
Sumber :
  • Banjir Ambarita | Papua

VIVA.co.id – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Irjen (Purn) Bekto Suprapto mengatakan, kriteria yang paling penting harus dipenuhi oleh calon Kapolri adalah memiliki integritas tinggi.

Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

Sebab, bermula dari integritas yang tinggi, turunan dari karakter tersebut tentu sang calon pasti senang bekerja, memiliki tanggung jawab, tepat waktu, etika yang bagus, dan mampu menjadi pemimpin teladan bagi bawahannya.

"Yang penting sekarang bukan siapa, tapi apa selanjutnya," kata Bekto dalam diskusi mingguan Populi Center dan Smart FM Network bertajuk 'Susah-Gampang Cari Kapolri' di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu, 11 Juni 2016.

Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebelum 30 Januari

Untuk itu, Bekto pun menyuarakan, agar Presiden Joko Widodo tidak sampai salah pilih calon Kapolri mendatang. Bakal calon yang sesuai kriteria yang ia sebutkan yang akan memimpin 400 ribu anggota Polri menjadi baik pula.

"Kalau komandannya enggak baik, nanti anggotanya juga tak baik. Makanya Presiden harus hati-hati," ujarnya menambahkan.

Jalankan Visi Misi Komjen Listyo, Polda Metro Siapkan 100 E-TLE

Tak kalah penting, kata Bekto, selain menjadikan anggotanya baik, Kapolri juga menentukan kehidupan masyarakat. Karena dalam menjalankan aktivitasnya, masyarakat selalu bersentuhan dengan Kapolri.

"Kalau kita bawa motor lalu lawan arus, polisi nunjuk tangannya aja kita langsung balik arah, artinya kalau nanti polisi udah enggak bener, nanti masyarakat juga yang akan merasakan dampaknya."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya