Hari Ini Pimpinan DPR Mulai Proses Calon Kapolri

Pimpinan DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Surat Presiden Joko Widodo terkait pengajuan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri langsung direspons oleh Dewan Perwakilan Rakyat RI.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Rencananya, pagi ini, Kamis, 16 Juni 2016, pimpinan DPR akan segera melakukan rapat pimpinan untuk membahas surat ini. Setelah itu mereka akan melakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus).

"Kemudian kami maraton jam 01.00, kami akan rapat Bamus," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

Jika rapat Bamus menyetujui, maka surat itu kemudian akan dibawa ke rapat paripurna, untuk dinyatakan secara resmi bahwa DPR telah menerima surat Presiden soal calon Kapolri.

"Di paripurna meneruskan dari rapat Bamus bahwa surat Presiden ini diteruskan, dalam hal ini Komisi III dan kemudian ada agenda yang lain," ujar Taufik.

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Kami juga akan segera menindaklanjuti dengan proses di Komisi III, Selasa atau Rabu untuk fit and proper test," kata Taufik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memutuskan mengajukan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan pensiun pada Juli 2016 mendatang.
 
Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo menyampaikan alasan Jokowi memilih Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Untuk meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat, memperbaiki kualitas penegakan hukum, terutama terhadap kejahatan luar biasa seperti terorisme, narkoba maupun korupsi," kata Johan saat dihubungi, Rabu, 15 Juni 2016.

Jokowi juga berharap sosok Tito bisa meningkatkan sinergitas antara lembaga penegak hukum, sekaligus menguatkan citra polisi dalam isu krusial penegakan hukum. Meskipun relatif muda dibandingkan calon lainnya, Kepala BNPT itu dinilai Presiden memenuhi syarat, terutama karena pernah memimpin Polda tipe A-K, saat menjadi Kapolda Metro Jaya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya