Hari Ini DPR Tentukan Jadwal Uji Kelayakan Tito Karnavian

Komisaris Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Subagyo menyatakan akan segera melakukan rapat mengenai surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan Komjen Tito Karnavian sebagai calon Kapolri. Rencananya, pembahasan akan dilakukan siang ini, Senin, 20 Juni 2016.

Jenderal Tito: Kelompok Santoso Semakin Melemah

"Setelah surat dibacakan di Paripurna," kata Firman di Gedung DPR, Jakarta.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan bahwa setelah pembahasan di Baleg selanjutnya akan diserahkan pada Komisi III DPR. Lalu, komisi hukum itu akan melakukan fit and proper test terhadap Tito yang menjadi calon tunggal itu.

Alasan Tito Karnavian Pilih Suhardi Jadi Bos Pembasmi Teror

Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo, membenarkan informasi tersebut. Menurut dia, Komisi III akan menggelar rapat pleno pukul 15.00 WIB.

"Ini untuk penetapan jadwal fit and proper calon Kapolri baru sesuai ketentuan undang-undang," ungkapnya.

Ketua KPK Yakin Jenderal Tito Bisa Sinergi Berantas Korupsi

Bambang mengungkapkan, setelah pleno hari ini, besok Komisi III akan meminta masukan dari masyarakat. Selanjutnya pada hari Rabu dijadwalkan memeriksa rekam jejak Tito ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kompolnas.

"Kalau tahapan itu selesai, Rabu pagi kita sudah mulai fit and proper mendengar visi-misi calon. Mau dibawa ke mana Polri ke depan dan terpenting, pembenahan internal," tegas politikus Golkar ini.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI.

Tito Karnavian: Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan

Saat ini Delima masih diperiksa tim gabungan.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2016