Pilkada Jakarta 2017

PAN: Koalisi Kekeluargaan Akan Rayu Risma Maju Jakarta

Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, partai dari Koalisi Kekeluargaan menilai, bakal calon gubernur yang bisa mengimbangi petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan memiliki dukungan yang kuat hanya Tri Rismaharini atau Risma.

PDI Perjuangan Berharap Partai Koalisi Solid Dukung Ahok

"Kita rayu Risma agar bisa ke Jakarta. Agar Jakarta punya alternatif pilihan," kata Zulkifli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2016.

Ia menjelaskan alasan Risma dianggap layak berkompetisi melawan Ahok, salah satunya soal kepercayaan atau trust. Memilih pemimpin menurutnya berpegang pada trust dan hati.

Koalisi Kekeluargaan Akan Kembali Bersatu, Usung Anies-Sandi

"Kita sudah selesai dengan soal agama dan suku. Kalau masih berkutat dengan itu maka kita mundur. Indonesia sudah 71 tahun merdeka. Kalau Indonesia mau besar kita harus respect pada keberagaman," kata Zulkifli.

Ia mengatakan, keinginannya untuk bisa mengusung Risma dalam pilkada DKI Jakarta sudah disampaikan baik pada Risma maupun pada Ketua Umum PDIP Megawati.

Jelang Pengumuman, Sandiaga Dibawa ke Rumah Prabowo

"Saya sudah sampaikan sama mbak Mega sudah lama. Bukan baru-baru ini, sekitar tiga bulan lalu. Mbak Mega bilang, Bang Zul di PDIP ada mekanisme. Biasanya PDIP putuskan pilkada pada detik-detik akhir," kata Zulkifli.

Saat ditanya soal kemungkinan Risma maju dipasangkan dengan kader PAN Suyoto yang menjabat sebagai Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, ia menyebutnya sebagai pasangan yang ideal. Tapi ia mengutamakan Risma agar bisa maju sebagai calon gubernur.

"Kalau tak bisa (Risma disandingkan dengan Suyoto), terserah Risma. Bukan soal ikut mengikut, soal hari. Kita kan tak bisa sendiri. Kalau PAN bisa usung sendiri langsung kita calonkan besok."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya