Arti di Balik Menunggang Kuda Ala Jokowi dan Prabowo

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke kediaman Prabowo Subianto, mantan pesaingnya dalam pemilihan Presiden 2014, mempunyai beberapa makna yang penting untuk situasi negara.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Pertama, Jokowi dan Prabowo dinilai mampu mengatasi egonya masing-masing untuk kepentingan yang lebih besar untuk bangsa dan negara. Kedua, Jokowi menunjukkan kerendahan hati untuk berbicara dengan figur yang tepat, untuk bersama meredakan berbagai ketegangan politik.

"Ini menunjukkan intuisi politik yang tajam," kata Andreas lewat pesan tertulisnya pada VIVA.co.id.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Ketiga, kata Andreas, reaksi Prabowo yang penuh persahabatan menyambut Jokowi menunjukkan sikap kenegarawanan. Keempat, pertemuan kemudian diekspresikan dengan sikap yang sama dalam memandang demonstrasi sebagai ekspresi kehendak rakyat.

"Paling tidak memberi kesejukan di tengah isu-isu demo besar pada 4 November," ujar Andreas.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Terakhir, Andreas juga menyinggung soal aksi menunggang kuda bersama yang dilakukan oleh Jokowi dan Prabowo. Hal itu dinilai sebagai simbol agar masyarakat tidak tegang dalam menghadapi situasi perpolitikan saat ini.

"Diakhiri dengan bersama menunggang kuda menunjukkan bahwa upaya kedua pemimpin ini untuk mau saling memahami, dan mengajak rakyat pun lebih relaks menghadapi situasi ini," kata dia.

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024