Janji Jokowi soal Peci Gus Dur

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengenakan peci khas Gus Dur
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengatakan telah menerima peci yang selalu dipakai oleh almarhum Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Namun sayangnya, peci pemberian tersebut tak dikenakan saat menghadiri haul Gus Dur ke-7 di kediaman Gus Dur, Jalan Warung Salih, Jagakarsa, Jakarta.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Peci tersebut diberikan oleh istri almarhum, yakni Sinta Nuriyah saat berada di Wahid Institute pada 26 September 2013.

"Ibu Sinta memberikan peci yang biasa dipakai oleh Gus Dur kepada saya, tapi karena pecinya disimpan di Solo, jadi tidak saya pakai malam hari ini di haul Gus Dur. Nanti tahun depan insya Allah saya pakai," ujar Jokowi di Jakarta, Jumat malam, 23 Desember 2016.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Menurut Jokowi, peci Gus Dur tersebut bukan sembarang peci. Jokowi memandang bahwa peci tersebut mengingatkan kembali dirinya dan juga setiap orang tentang keteladanan Gus Dur selama ini.

"Meneladani Gus Dur, meneladani ketulusan Beliau, menjaga silaturahim, melampaui sikap-sikap primordial yang ada," ungkap Presiden.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Jokowi kemudian melanjutkan bahwa meneladani kesederhanaan yang ditunjukkan oleh Gus Dur sangat penting. Pria kelahiran Jombang itu juga sangat kental dengan jiwa sukarelanya.

"Dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara sampai akhir hayatnya," tutur Jokowi.

Foto Presiden Jokowi tidak dipajang di kantor DPD PDIP Sumut

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

PDIP menegaskan tidak ada muatan politis dibalik raibnya foto Jokowi di ruang aula Bung Karno DPD PDIP Sumut. Ia berdalih foto Jokowi 'menghilang' karena terjatuh

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024