PKS-Gerindra Resmi Usung Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Jabar

PKS dan Gerindra berkoalisi di Pilkada Jabar, usung Sudrajat-Achmad Syaikhu.
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan nama-nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur di lima provinsi, di kantor PKS di TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu 27 Desember 2017. Nama-nama ini berdasarkan hasil koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Salah satu provinsi yang menjadi sorotan dalam pengumuman ini adalah Jawa Barat. PKS ternyata batal mengusung Deddy Mizwar dan setuju dengan cagub pilihan Gerindra yakni Sudrajat. Sudrajat kemudian dipasangkan dengan kader PKS, Achmad Syaikhu.

"Hari ini sudah kita sepakati, untuk Jawa Barat, Sudrajat-Achmad Syaikhu," kata Presiden PKS Sohibul Iman.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Saat memastikan keputusan ini, Sohibul mengaku langsung menelpon perwakilan Partai Demokrat yang sebelumnya mendukung Deddy. PKS ingin memberi ruang kepada Demokrat untuk menyikapi keputusan ini.

"Kami ingin memberi ruang buat partai lain. Saya kira Partai Demokrat bisa menentukan sikapnya ke depan," ujarnya.

PKS Kecam Dubes Ukraina Surati Presiden: Enggak Punya Akhlak

Selain Jabar, PKS-Gerindra-PAN juga mengumumkan empat pasangan lain di empat provinsi. Pada Pilgub Sumatera Utara mereka mengusung Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Sementara pada Pilgub Kalimatan Timur, mereka sepakat mengusung Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Sedangkan pada Pilgub Maluku Utara 2018, koalisi mendukung pasangan Muhamad Kasuba-Majid Husen. Terakhir, mereka juga mempertegas dukungan kepada Sudirman Said di Jawa Timur. Hanya saja pasangan Sudirman belum bisa diumumkan.

Presiden Jokowi Bersama Sejumlah Menteri di Tempat Kemah Titik Nol IKN

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Anggota Komisi V dari fraksi PKS meminta pemerintah untuk mengkaji serius dampak penarikan investasi di IKN tersebut. Jangan perbesar pemakaian APBN.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022