Alasan PAN Dukung Sudrajat dan Syaikhu di Pilkada Jabar

Cagub Jawa Barat, Mayjen (Purn) Sudrajat.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN) telah memutuskan untuk mendukung Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018.

Jokowi Rapat Khusus Bahas Desakan NU dan Muhammadiyah soal Pilkada

Hal ini sekaligus memupuskan harapan calon Gubernur Jabar lainnya Deddy Mizwar yang sedari awal disebut mendapatkan dukungan PAN.

"PAN koalisi Gerindra dan PKS usung Sudrajat dan Syaikhu di Jawa Barat," kata Zulkifli di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa 9 Januari 2018.

Mengaku Koalisi Umat, Kelompok Ini Deklarasi Amien Rais Calon Presiden

Sebelum mengumumkan jagoannya di Pilkada Jabar, Zulkifli sempat meminta maaf kepada bakal Calon Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Menurutnya, keputusan ini dibuat atas kesepakatan bersama dan melihat dinamika politik yang ada.

"Melalui perbincangan yang panjang saya juga sudah sampaikan permohonan maaf ke Demiz (Deddy Mizwar) yang dari awal kami deklarasi," ujar dia.

IPW: Masih Banyak Polisi Tak Netral di Daerah

"Atas kesepakatan bersama sampai detik akhir sampai pagi tadi komunikaai intens. Tapi dengan segala dinamika pilkada saya sudah sampaikan melalui saudara Najib ketua wilayah PAN Jabar," ucap Zulkifli menambahkan.

Ketua MPR RI itu mengungkapkan bahwa surat keputusan (SK) PAN untuk Sudrajat dan Syaikhu telah dibuat dan akan segera diberikan. "SK sudah dibuat dan akan segera dikirim malam ini," katanya.

Dengan resminya dukungan dari PAN, maka pasangan cagub dan cawagub Sudrajat dan Ahmad Syaikhu resmi mendapatkan tiga dukungan partai politik di Pilkada Jabar, yakni Gerindra, PKS dan PAN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya