Tujuh Peluang Hasilkan Uang dari Manfaatkan Hobi

Ilustrasi fotografer.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Sebenarnya, ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan dan berpotensi mendapatkan banyak keuntungan. Bahkan, hanya dari hobi yang disukai, Anda bisa menjalankan bisnis menguntungkan yang patut dicoba.

Yuk Coba, 3 Hobi di Rumah Ampuh Redam Stres

Nah, berikut ini ada beberapa peluang bisnis yang berasal dari hobi yang dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 21 Maret 2018:

1. Menyediakan jasa fotografi

4 Tips Merawat Koleksi Barang Kesayangan Biar Awet

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, mengapa tidak mencoba memanfaatkan hobi dan skill yang dimiliki sebagai peluang bisnis. Apalagi, jika Anda memang sudah memiliki banyak pengalaman dalam ilmu fotografi, tentu saja akan sangat menguntungkan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Banyak sekali peluang yang dapat diambil sebagai fotografer. Misalnya, mencoba untuk mengirimkan foto-foto terbaik ke beberapa perusahaan besar. Perusahaan besar, tentunya tidak ragu untuk mengeluarkan biaya besar, jika memang foto-foto tersebut sesuai dengan keinginan perusahaan.

Nostalgia Main LEGO, Kenangan Hobi Favorit Lintas Generasi

Anda juga bisa mencoba menjadi fotografer lepas. Hampir setiap momen acara apapun, pastinya membutuhkan jasa fotografi untuk dapat mengabadikan momen-momen yang penting. Mulai dari acara pernikahan, pre wedding, reuni, wisuda, dan lainnya.  

2. Bisnis restoran

Senang atau hobi memasak? Jangan disimpan sendiri. Lebih baik, jika Anda manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membuka restoran yang memang sesuai dengan minat.

Jika memang menyukai makanan-makanan berat, Anda bisa mencoba untuk membuka restoran. Namun, jika lebih hobi membuat roti atau kue, mungkin Anda bisa membuat toko kue atau bakery. Atau, Anda juga bisa membuka sebuah coffe shop yang asyik dijadikan tempat nongkrong.

3. Sedia jasa menulis

Memiliki hobi menulis? Salurkan bakat Anda tersebut sebagai peluang bisnis yang memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Banyak sudah kisah-kisah orang sukses yang memulai semuanya dari menulis.

Anda bisa melihat sendiri banyaknya jumlah buku yang dipajang di toko buku yang merupakan hasil dari para penulis. Belum lagi yang terdapat di koran, majalah, dan di website.

Ada banyak sekali peluang yang dapat dijadikan untuk bisnis menulis ini. Mungkin Anda bisa mencoba untuk menawarkan jasa artikel yang dibuat ke beberapa perusahaan media cetak dan media online.

Anda pun bisa mencoba melamar ke website-website besar semisal milik Pemerintah. Atau, Anda bisa membuat blog sendiri yang nantinya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang muncul pada blog dan lainnya.

4. Kerajinan tangan

Bagi orang-orang yang memiliki ide kreatif yang sangat banyak, berkecimpung dalam bidang pembuatan produk-produk kerajinan tangan atau handmade tentu menjadi hal yang menyenangkan dan memberikan peluang keuntungan cukup besar.

Bagi Anda yang senang merajut, menjahit, membuat boneka dari bahan-bahan bekas, dan membuat barang-barang unik lainnya, jadikan kemampuan dan hobi Anda tersebut untuk membuat bisnis kerajinan tangan.

Yang terpenting dari bisnis ini adalah ide-ide kreatif, unik, dan berbeda dari kebanyakan kerajinan tangan lainnya. Dengan begitu, produk-produk Anda nantinya akan dilirik banyak orang.

5. Clothing Line

Senang mendesain pakaian? Anda bisa mencoba membuka bisnis clothing line dari desain yang dibuat sendiri. Tentunya akan sangat membanggakan melihat banyak orang yang menggunakan pakaian yang Anda desain sendiri.

Selain itu, desain yang unik dan bagus tentunya harus seimbang pula dengan kualitas yang diberikan. Karena itu, pastikan agar tidak salah memilih jenis kain yang akan Anda gunakan sebagai bahan pakaian.

6. Kursus tari

Memiliki bakat tari yang sangat baik akan sangat sayang sekali jika dipendam saja. Lebih baik Anda terus berlatih sambil mengajarkan ilmu yang Anda miliki kepada orang lain.

Anda bisa membuka kursus tari yang memang sesuai dengan genre yang Anda pahami. Bisa tari tradisional ataupun tarian modern. Selain mendapatkan pemasukan, Anda juga bisa terus melatih kemampuan tari dalam diri Anda.

7. Olahraga

Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda kembangkan dari hobi olahraga. Mulai dari pelatih fitness, menjadi guru olahraga di klub kesehatan atau sekolah dan masih banyak lainnya. Tak hanya membuat tubuh Anda terus menjadi sehat, tetapi juga mendatangkan pemasukan bagi Anda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya