Yuk Coba, 3 Hobi di Rumah Ampuh Redam Stres

Olahraga
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hobi merupakan salah satu kata yang sudah tidak asing lagi yang diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan seseorang di waktu senggangnya untuk kesenangan. Namun, semakin dewasa seseorang, terkadang lupa untuk tetap rutin melakukan hobi yang digemari sejak kecil. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Bahkan, hobi sangat dibutuhkan untuk menghilangkan kepenatan di tengah kegiatan sehari- hari yang yang sangat padat. Padahal, melakukan hobi memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan penat, menambah wawasan dan meningkatkan kesehatan mental. 

Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi mengatakan bahwa di masa pandemi ini, banyak orang kembali menemukan hobi atau bahkan kegiatan baru yang digemari. Melakukan kegiatan yang kita gemari akan menimbulkan kepuasan, rasa puas itu yang akan membuat manusia menjadi lebih bahagia, lebih berenergi di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Kemunculan tren hobi baru sendiri merupakan sebuah upaya mitigasi yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengisi dampak kekosongan kegiatan selama harus berdiam diri di rumah dan meminimalisir kontak. Secara umum, semua hobi bertujuan untuk mengisi waktu luang dan mengurangi rasa jenuh. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

"Hobi apapun yang berupa kegiatan positif, dapat menurunkan stres, meningkatkan kesehatan fisik, meningkatkan kualitas tidur, dapat menjadi sarana untuk memperluas koneksi sosial, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta yang paling penting dapat meningkatkan kebahagiaan," ujarnya dikutip dari keterangan pers Shopee Indonesia.

Senada, Head of Brands Partnership & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi, mengatakan, saat ini semakin banyak bermunculan tren untuk melakukan kegiatan baru. Menemukan kegemaran atau hobi baru dapat menjadi salah satu cara merayakan hari mu, khususnya untuk memberikan motivasi untuk kedepannya. Tren atau hobi baru ini sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan dalam diri baik secara fisik dan mental dalam menjalani kegiatan sehari-hari. 

Hobi baru 

"Shopee memiliki rangkaian produk penunjang hobi menarik bagi pengguna agar dapat menekuni hobi baru dan menggali potensi diri secara maksimal. Melalui kampanye 3.15 Hari Belanja Konsumen, Shopee memiliki berbagai promo yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna seperti SPayLater Gratis Ongkir RP0, Voucher Toko 30% + Voucher Diskon 15%, Murah Lebay Ekstra Diskon 10RB untuk melengkapi kebutuhan hobi baru pengguna," ujarnya dalam keterangan pers.

Semua orang membutuhkan rutinitas, karena dengan rutinitas kita dapat memprediksi lingkungan dan waktu. Menumbuhkan rutinitas baru akan membantu seseorang untuk mengalihkan pikiran negatif. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila pada masa pandemi ini orang beralih melihat berbagai alternatif hobi.

Melalui kampanye 3.15 Hari Belanja Konsumen, Shopee mengajak kamu untuk merayakan hari mu dengan mengapresiasi diri dan menemukan hal baru. Tidak perlu ragu untuk memulai eksplorasi hobi baru, karena Shopee punya rekomendasi 3 hobi baru beserta ragam produk pilihan penunjang hobi yang bisa kamu eksplorasi untuk mengisi waktu luang dan menggali potensi diri di bawah ini!

Berolahraga di rumah

Pandemi mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan baik secara mental dan terutama kesehatan jasmani. Oleh karena itu, ayo mulai hidup sehat sedini mungkin dengan hal mudah yang bisa dilakukan dari rumah. Selain konsumsi makanan sehat, minum cukup air putih dan mengatur pola tidur, hal lain yang bisa dilakukan adalah berolahraga.

Tidak perlu ke gym atau melakukan olahraga di luar rumah. Kamu bisa memilih jenis home workout yang ada, seperti yoga dan pilates. Home workout sangat mudah dilakukan dari rumah, karena kamu bisa memilih video workout guidance yang tersedia gratis di situs penyedia video.

“Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan suasana hati serta mengurangi rasa cemas yang berlebih. Selain itu, dapat meningkatkan produksi endorfin yang dapat menghasilkan perasaan positif," tutur Rose Mini.

Tentunya, kata Rose, dengan rajin berolahraga akan dapat membantu menjaga berat badan ideal agar kita dapat beraktivitas dengan nyaman dan optimal setiap harinya. Berolahraga di rumah memiliki manfaat yang setara dengan berolahraga di studio olahraga atau gym.

Untuk memulai berolahraga di rumah, tidak perlu khawatir karena peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana dan Shopee punya banyak pilihan untuk kamu. Kamu bisa melengkapi perlengkapan olahraga seperti, Glove Fitness Gym dari SFIDN FITS Official Shop untuk menemani aktivitas home workout kamu, Active Running Top dari CoreNation Official Shop atau sepatu dari Athletica Official Shop

"Karena berolahraga di rumah sangat praktis dan dapat dilakukan kapanpun, ini akan mendorong kita untuk rajin berolahraga,” kata Rose Mini.

Mewarnai dan menggambar untuk melepas stres

Ilustrasi melukis dan mewarnai

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Kegiatan menggambar dan mewarnai diidentikan dengan kegiatan anak-anak, padahal kegiatan ini juga cocok dilakukan sebagai hobi oleh orang dewasa! Selain sebagai media untuk menuangkan kreativitas, menggambar dan mewarnai juga bisa dijadikan sarana pengekspresian diri dan melepaskan kejenuhan. Warna juga memiliki fungsi psikologis yang bisa mempengaruhi perilaku manusia. 

Dengan menggambar dan mewarnai, secara tidak langsung juga mengasah otak untuk tumbuh kreatif. Menggambar dan mewarnai adalah bentuk ekspresi dan kebebasan diri sendiri. Tidak perlu ragu jika kamu merasa tidak mahir dalam menggambar, simply express yourself and enjoy every minute of it.

Shopee punya beragam pilihan produk menarik untuk menunjang kreativitasmu. Kamu bisa gunakan Drawing Book dari Faber-Castell Official Shop untuk menggambar, serta kamu bisa mengandalkan Color Brush Pen dari Joyko Official Shop dan Watercolor Set dari Deli Official Shop untuk ekspresikan diri dengan dengan berbagai warna untuk gambarmu.

"Kreativitas akan lahir dari otak kiri. Kreativitas bisa distimulasi, dimulai dengan mengisi belahan otak kiri, kemudian mentransformasikannya ke otak kanan. Ketika kita menyerap banyak informasi di belahan otak kiri maka akan membantu untuk membuat inovasi dan berkreativitas”, ujar Rose Mini.

Menanam 

Bercocoktanam di atas gedung di Singapura.

Photo :
  • Phys.org

Menanam bisa membantu meningkatkan suasana hati, menyegarkan pikiran dan lebih besar dari itu, hobi menanam ini bisa bermanfaat baik juga untuk kesehatan diri dan lingkungan karena dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Selain dapat mempercantik halaman atau rumah, kegiatan menanam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan kegiatan menanam maka tubuh akan mendapatkan udara segar yang dihasilkan oleh tumbuhan. Hal ini dapat memengaruhi dan mendukung ragam kegiatan atau aktivitas lain yang dilakukan dari rumah seperti belajar maupun bekerja. 

“Langkah pertama yang dilakukan untuk memulai suatu hobi baru adalah memiliki keinginan dan motivasi untuk menemukan sebuah hobi baru. Pada dasarnya, kreativitas ada pada tiap manusia," terang Rose Mini.

Kegiatan menanam yang cenderung bervariasi, membuat tubuh dituntut untuk bergerak aktif sehingga akan membantu kita berkeringat serta membakar kalori. Terlebih, jika kamu melakukan kegiatan menanam di luar ruangan, maka tubuh akan terpapar oleh sinar matahari yang kaya akan vitamin D. 

Kegiatan menanam yang dilakukan di luar ruangan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang diserap dari vitamin D yang dipancarkan oleh sinar matahari. Jadi, dengan aktivitas menanam, kamu dapat lebih sehat dan bersemangat dalam menjalani hari. Pilihan produk bercocok tanam dari Goland Official Shop bisa menjadi pilihan untuk memulai aktivitas menanam. 

"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya