Tembus Badai, Dua Rangkaian Gerbong MRT Tiba di Jakarta

Petinggi PT MRT Jakarta cek pesanan kereta di Jepang.
Sumber :
  • Dokumentasi MRT.

VIVA – Dua rangkaian kereta MRT Jakarta yang terdiri dari 12 gerbong kereta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hari ini, Rabu, 4 April 2018. Proses penurunan kereta itu dari kapal kargo akan dilakukan pada Kamis, 5 April 2018. 

Tangerang Bakal Ada MRT, Harga Hunian Sekitar Merangkak Naik

Selanjutnya, proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus akan menggunakan multi-axle trailer. Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah, mengatakan dua rangkaian kereta itu datang pada pagi tadi.

"Sudah. Tadi subuh merapat," kata Tubagus saat dikonfirmasi VIVA.

Ada Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MH Thamrin

Tubagus menjelaskan, proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus akan berlangsung hingga 8 April 2018 yang akan dilaksanakan pada pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB untuk mengurangi dampak kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan.

Guna memastikan proses pengiriman berjalan lancar, Tubagus mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian uji coba dan simulasi pengiriman sejak Februari 2018 lalu. 

Pembangunan MRT Timur-Barat Fase Satu dari Tomang hingga Bekasi Dimulai 2024

Kereta MRT Jakarta adalah kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang. Untuk empat belas set rangkaian berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni dan ditargetkan pada akhir Oktober seluruh enam belas set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses uji coba pengoperasian. 

Pada fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan enam belas set rangkaian kereta di mana empat belas set rangkaian akan dioperasikan dan dua set akan disiagakan sebagai cadangan.

Untuk diketahui, MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk. 

Pengangkatan gerbong kereta MRT Jakarta di pelabuhan Toyohashi Jepang.

Gerbong MRT Jakarta

"Hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan salah satu solusi mengatasi kemacetan," katanya.

Dia melanjutkan, dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

"PT MRT Jakarta menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat selama ini terhadap pembangunan proyek MRT Jakarta," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya