Ganjil Genap di Tol Cibubur, Menhub: Efektif Atasi Macet

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Terkait dengan rencana pelaksanaan ganjil genap di pintu Tol Cibubur arah Cawang dan Tol Tangerang oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya, kini tengah melakukan pengkajian terhadap usulan tersebut.

Daftar Jalan Tol yang Kena Ganjil Genap Nataru per 20 Desember 2021

"Ya, kita lagi studi nanti dalam waktu 1-2 minggu ini akan kita tetapkan, kita sosialisasikan, baru akan kita lakukan," ungkap Budi, saat ditemui VIVA dalam acara pembukaan Garuda Travel Fair di JCC Senayan, Jumat 6 April 2018.

Rencana penerapan ganjil genap di kedua tol tersebut, dinilainya, akan efektif untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan yang selama ini selalu terjadi di kawasan tersebut.

Pasar Tomang Dibuka Lagi, Ganjil Genap Tak Diberlakukan

"Efektif, Bekasi efektif kok, banyak orang yang merasakannya," jelas dia.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Salat Jumat 1 Gelombang, MUI Tangerang: Jika Penuh Gunakan Gedung Lain

Sebelumnya, BPTJ Kementerian Perhubungan memastikan, pelaksanaan ganjil genap di tol akan dikembangkan ke wilayah lain. Salah satunya adalah di pintu Tol Cibubur arah Cawang pada 16 April 2018.

Kepala BPTJ Kemenhub, Bambang Prihartono mengatakan, lebih awalnya ganjil genap di Tol Jagorawi, khususnya di pintu Tol Cibubur, karena sudah siapnya sarana dan prasarana di wilayah tersebut.

Selain itu, dalam menerapkan kebijakan tersebut, BPTJ juga melihatnya secara tidak parsial. Artinya, juga melihat kebijakan serupa sebelumnya di tol Bekasi-Cawang yang dinilai sukses. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya