Menko Luhut 'Ambil Alih' Konflik Manajemen Garuda vs Pilot 

Garuda Indonesia Pensiunkan Pesawat Boeing 747-400
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, membentuk satuan tugas guna menengahi konfilik antara manajemen PT Garuda Indonesia Tbk dengan para pekerjanya. 

Garuda Indonesia Panggil Pilot-Kopilot yang Berpose 3 Jari Bareng Mahfud MD

Luhut menunjuk orang kepercayaannya Purbaya Yudhi Sadewa yang juga merupakan Deputi Koordinasi Bidang Kedaulatan Maritim di kementeriannya. 

"Kita sudah bentuk task force, nanti ketuanya Pak Purbaya," kata Luhut di kantornya Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 6 Juni 2018. 

Angkasa Pura Investigasi Penyebab Pesawat Garuda Keluar Lintasan

Pembentukan satuan gugus tugas itu diketahui berisi anggota dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN. 

Menurut Luhut, pihaknya sengaja tak melibatkan pihak Asosiasi Pilot dan manajemen maskapai agar tugas tim fokus menampung aspirasi keduanya. 

Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

Luhut mengungkapkan, pelibatan dirinya atas usulan berbagai pihak, salah satunya oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. 

"Tidak kita ikutkan mereka, nanti kita akan minta pendapatnya apa sih selisih mereka. Mereka sudah sepakat begitu," ujarnya.

Luhut menyatakan, Purbaya dan anggota lainnya mulai bertugas mulai hari ini hingga nantinya hasil rekomendasi disimpulkan seusai hari raya Lebaran. 

Artinya, mogok terbang yang diinisiasi lebih 1.000 pilot maskapai plat merah itu batal dari rencana semula yakni selama musim Lebaran berlangsung. 

Ia meyakini, Kementerian BUMN dapat memutuskan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak. 

"Habis Lebaran tanggal 26, kita koleksi informasi semua. Dan nanti minggu pertama setelah Juli kita buat kesimpulan rekomendasi mereka," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya