Ingin Tajir Melintir Seperti Jack Ma, Begini Caranya

Jack Ma
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA – Alibaba, siapa yang tidak tahu dengan e-commerce yang satu ini? Namun, siapa sangka, jika ternyata ada banyak kesulitan atau kendala dalam mengembangkan market place tersebut.

Perangi Kesenjangan Kaya Miskin, China Tertibkan Konglomerat

Jack Ma, adalah sosok pria di balik kesuksesan Alibaba. Untuk membangun usahanya yang luar biasa ini, ia membutuhkan usaha yang besar, tanggung jawab, serta mimpi dan tekat yang kuat.

Kini, sosok Jack Ma dikenal dunia, karena salah satu pengusaha terkaya di China. Jika Anda adalah sosok pengusaha yang ingin sukses seperti Jack Ma, lakukan cara ini seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 3 Juli 2018:

Pemerintah China Paksa Perusahaan Jack Ma Pecah Bisnis Alipay

1. Berpikiran terbuka dan berani bermimpi

Hiduplah menjadi orang yang open minded atau berpikiran terbuka terhadap segala hal dan segala kemungkinan, serta optimistis dalam membangun usaha. Hal tersebutlah yang terus menerus Jack Ma katakan pada setiap orang yang bertanya, tentang bagaimana caranya menjadi orang yang sukses.

Pendiri Alibaba Jack Ma Kembali "Menghilang" dari Publik

Berani bermimpi adalah kunci utama. Jack Ma juga dahulu bukan orang yang luar biasa, tetapi karena mimpinya bersama tim begitu besar tersebutlah yang membuatnya sukses hingga saat ini.

Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, catat dan tanamkan prinsip tersebut dalam diri Anda. Jadilah seorang pengusaha yang berpikiran terbuka dan berani untuk bermimpi menjadi besar di masa depan.

2. Selalu bertanggung jawab penuh tanpa mengeluh

Selalu bertanggung jawab, merupakan salah satu sifat utama yang wajin Anda miliki jika ingin sukses. Jack Ma berkata, semakin besar kesuksesan Anda, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus di topang.

Karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk bisa bertanggung jawab dari hal-hal kecil dan sederhana, agar nantinya Anda mampu untuk bertanggung jawab pada hal-hal yang besar.

Bertanggung jawab pada hal yang dikerjakan tidaklah mudah, Anda harus mampu berdiri seimbang di tengah banyaknya masalah yang datang dan pergi.

Misalnya saja, bertanggung jawab atas perusahaan yang sedang pesat dalam perkembangannya, tentu Anda harus mampu berdiri dan menjaga kualitas perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor yang lain dalam bidang yang sama.

3. Berjiwa pemimpin dan selalu bersemangat

Memiliki jiwa pemimpin merupakan hal yang wajib dimiliki bagi seluruh pengusaha. Hal ini harus di asah sejak Anda memulai usaha. Pastikan, jika sebagai seorang pemimpin, Anda bisa tegas dalam segala hal, termasuk mengambil sebuah keputusan.

Jack Ma adalah seorang pemimpin yang berani untuk berjalan di depan, serta mampu memutuskan apa saja yang harus dilakukan dalam usahanya. Pastikan, jika Anda juga adalah orang yang mau dan mampu untuk bertanggung jawab serta memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa, agar nantinya karyawan tidak ragu untuk menjadikan Anda sebagai panutan.

4. Punya jiwa kerja tim yang bagus

Jack Ma adalah orang yang mau untuk turun langsung dalam pekerjaan bersama dengan para karyawannya. Hal inilah yang membuatnya memiliki team work yang solid dan sangat banyak disukai pengusaha lainnya.

Nah, hal yang bisa Anda tiru adalah usahanya untuk mau bersosialisasi dengan seluruh karyawan, agar Anda bisa tahu seperti apa isi dari perusahaan milik Anda.

Bangunlah sebuah komitmen bersama dengan tim, agar nantinya pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Kerja sama yang baik akan membuat usaha yang Anda rintis bisa sukses.

5. Merekrut pekerja yang punya keterampilan tinggi

Mencari karyawan yang berpotensi dan mampu untuk berkompetisi dengan dunia global, bukanlah hal yang mudah. Dan, tentu saja untuk mendapatkan karyawan yang demikian, dibutuhkan sebuah penawaran yang besar berupa gaji serta jabatan dan lainnya.

Jack Ma adalah sosok yang harus Anda ambil rahasia dibalik kesuksesannya dalam merekrut karyawan, bagi Jack Ma cukuplah memperkerjakan orang yang mau untuk maju, memiliki tekat, jujur, tidak malas dan mau belajar. Dan, orang-orang seperti inilah yang bisa Anda ajak untuk meraih kesuksesan bersama-sama.

6. Rangkul dan gunakan media untuk kembangkan bisnis

Jack Ma pernah mengalami sebuah kesulitan menjangkau media, untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu China Yellowpages ketika ia kembali dari Amerika.

Hal ini terjadi pada 1995, dan pada saat itu China belum mengenal teknologi sepesat sekarang. Hal inilah yang sering di ceritakan Jack Ma dalam setiap pertemuan.

Jack Ma berharap, jika pengusaha yang kini sedang memulai bisnisnya, akan jauh lebih baik untuk memanfaatkan media untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi, di zaman sekarang yang serba teknologi, wajib hukumnya seorang pebisnis untuk mampu mempromosikan bisnisnya dengan baik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya