Luhut Pastikan Gempa Lombok Tak Bikin Takut Delegasi IMF-Bank Dunia

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, gempa Lombok tak membuat takut delegasi International Monetary Fund dan World Bank (IMF-WB) yang akan digelar di Bali. Menurutnya, Bali sebagai tuan rumah aman.

Luhut Sindir Banyak Pengamat Kritik Pemerintah, Tapi Tak Pakai Data

Luhut menyebut delegasi IMF-WB sudah mendapat penjelasan dari tim ahli Indonesia. Dari penjelasan tim ahli, kata dia, delegasi percaya keamanan Bali.

"Jadi, menjelaskan Ibu Dwikorita Karnawati (kepala BMKG) karena beliau ahli lempengan itu. Struktur lempengan itu bagaimana. Ternyata itu berhenti di ujungnya Lombok. Jadi tidak ke arah Bali. Itu yang bikin IMF-World Bank very comfortable," kata Luhut di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis 6 September 2018.

WALHI Kecam Keinginan Luhut Keluar dari Kesepakatan Paris

Luhut tak memungkiri, komunitas global mengakui kualitas para ahli Indonesia berkelas internasional. Hal itu yang menyebabkan para delegasi tersebut yakin terhadap keamanan lokasi selama pergelaran acara berlangsung di Bali.

"Dan itu terus kita exercise dan itu semua kita juga enggak underestimate lah. Ahli-ahli kita itu sudah kelas dunia," lanjut Luhut.

Di Depan Ribuan Mahasiswa USU, Luhut Banggakan Jokowi Berani

Selain itu, Luhut menyinggung wisatawan mancanegara yang saat ini mulai kembali berdatangan ke Lombok. Hal ini, menurutnya, tak lepas dari kebijakan pemerintah yang tidak menetapkan Lombok sebagai bencana nasional.

"Makanya sekali lagi jangan nyinyir bilang suruh bencana nasional. Jadi tuh (soal) bencana nasional, mereka bilang, tim saya, untung enggak dibikin bencana nasional," ujarnya.

Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019

Luhut Hanya Mau Turis Asing 'Kaya' yang Datang ke Indonesia

Untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia dari pandemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2020