Trade Expo 2018, Menteri Enggar Sebut 25 Negara Bakal Kontrak Dagang

Trade Expo Indonesia (TEI) 2018
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA

VIVA – Trade Expo Indonesia atau TEI 2018 resmi dibuka hari ini, Rabu 24 Oktober 2018. Sebanyak 28 ribu orang dari 125 negara pun ditargetkan datang ke acara ini. 

Trade Expo Indonesia 2021, Belanda Beli Pakan Burung dari RI

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, mengatakan, TEI 2018 yang digelar di ICE BSD, adalah ajang promosi produk-produk RI untuk pasar dunia. Upaya itu diharapkan agar pasar Indonesia di internasional semakin besar. 

Enggar menyebut, saat ini sudah terjadi realisasi penandatanganan kontrak dagang dan investasi yang cukup besar. 

Arab Saudi Borong Produk Makanan RI, Meksiko Kepincut Mie Instan

"Realisasi yang sampai saat ini sudah terjadi yaitu terdapat 65 rencana penandatanganan kontrak dagang dan investasi yang berasal dari 25 negara," kata Enggar dalam sambutannya, Rabu 24 Oktober 2018.

Dia mengatakan, 25 negara yang komitmen investasi itu antara lain, seperti China, Thailand, Arab Saudi, Mesir, dan Italia. Nilainya pun telah mencapai sekitar US$500 juta.

Soal Impor, JK: Tak Ada Negara Bisa Penuhi Kebutuhannya Sendiri

"Meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Sampai dengan hari ini. Dan biasanya terus berkembang sampai dengan hari akhir," tuturnya. 

Bahkan, lanjut Enggar, akan ada penandatanganan dengan nilai yang cukup besar. Yakni dari RRT dan Thailand. 

"Dengan nilai kerja sama sebesar US$4,68 miliar dengan RRT dan Thailand. Dengan begitu total transaksi investasi dan perdagangan telah mencapai US$5,16 miliar," katanya. 

"Ini juga sekali lagi memenuhi perintah Bapak Presiden kepada kami jangan hanya tergantung dari komoditas-komoditas tertentu saja, tetapi dorong untuk yang mempunyai nilai tambah seperti hal-hal yang telah kami sebutkan antara lain," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya