Jokowi Duga Tol Bocimi Mangkrak karena Pemandangan Indah

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) berbincang di sela-sela pengoperasian jalan Tol Depok-Antasari Seksi I di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo menduga proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mangkrak sekian karena salah satunya menyimpan pemandangan alam yang indah. Pahadal tol akan meningkatkan pariwisata dan ekonomi di wilayah itu.  

Update Terbaru soal Longsor di Tol Bocimi, Tak Bisa Dilewati?

"Kesannya pemandangannya indah cantik itu mungkin yang menyebabkan molor, molor; pemandangannya bagus tadi. Sehingga kita harapkan dengan keindahan itu, pariwisata (dan) ekonomi yang ada di Sukabumi itu terbuka dan berkembang," katanya saat meresmikan Tol Bocimi Sesi I Ciawi-Cigombong pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Presiden menilai Sukabumi menyimpan banyak potensi dan karenanya pemerintah menargetkan proyek itu rampung pada 2020. Sukabumi memiliki di antaranya geopark, pantai, gunung, dan lain-lain. Semua dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah setempat terutama kalau didukung infrastruktur yang memadai.

Tol Bocimi Longsor, Waskita Toll Road Sebut Hujan Lebat jadi Penyebabnya

Masalahnya, kata Jokowi, selama ini potensi ekonomi itu belum dikelola maksimal, ditambah proyek Tol Bocimi tak rampung-rampung sejak tahun 1997. Karena itulah pemerintah sekarang mengebut pengerjaan proyek itu agar dapat segera mendukung perekonomian masyarakat.

Selain tol, pemerintah juga mengerjakan proyek double track kereta api PT KAI. Proyek itu diselesaikan pada 2020 dan sekarang sudah dikerjakan. “Saya sudah ngecek dua kali di double track. Rampung, insya Allah 2020," katanya.

SMI Bakal Tambah Kepemilikan Saham di Tol Bocimi Jadi 55 Persen Tahun Ini
Jalan tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak siap difungsikan mulai hari ini

Car Users Now Can Use the Bocimi Toll Road, PUPR Says

The Indonesian Ministry of Public Works and Public Housing (PUPR) ensured the Bocimi Toll Road section from Cigombong to Cibadak already be used from Apr 11.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024