BPH Migas Fokus Pembangunan Pipanisasi Gas Trans Kalimantan

Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk mendorong pembangunan pipa gas Trans Kalimantan.

Bakrie & Brothers Siap Bangun Pipa Gas Kaltim-Kalsel 530 Kilometer

Ia tak menjelaskan lebih lanjut apakah pembangunan pipa gas Kalimantan akan tetap dilanjutkan ke pulau Jawa (Kalija). Hal ini terkait permintaan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, agar pembangunan jalur pipa gas difokuskan di Kalimantan, dan tidak usah dilanjutkan sampai ke Pulau Jawa. 

"Kita membangun pipa Trans Kalimantan," kata Ifan, panggilan akrab Fanshurullah, di FGD 'Prospek Pengembangan dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Kalimantan’ di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu 19 Desember 2018. 

AC Milan Mulai Berani Belanja Pemain Mahal

Menurutnya, pembangunan pipa gas di Kalimantan ini merupakan amanah yang tertuang dalam Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional (RIJTDGBN) 2012-2030. Infrastruktur gas akan dibangun dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. 

Ifan mengungkapkan jalur transmisi gas mulai Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan sepanjang 530 kilometer akan dikerjakan oleh PT Bakrie & Brothers (BNBR), yang merupakan pemenang lelang. Sedangkan untuk Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, lelang proyeknya akan dilakukan tahun depan.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

"Pipa yang ada dari Kalsel ke Kalteng sampai Kalbar ada 1.300 km belum ada pemiliknya. Nah ini BPH akan melelang," katanya. (zra)
 

Bobby Gafur Umar.

Pipa Gas Trans Kalimantan Diusulkan Jadi Proyek Strategis Nasional

Dengan demikian proyek pipa gas trans Kalimantan akan cepat selesai.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2018