Kemenhub Evaluasi Penyelenggaraan Tol Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kapal tol laut di Pelabuhan Manyar, Gresik, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA –  Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi penyelenggaraan tol laut selama Januari hingga Juni Tahun 2019. Evaluasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan tol laut.

Perpendek Waktu Tempuh Kapal ke NTT, Kemenhub Buka Rute Trayek Hub-Spoke Tol Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, evaluasi tersebut termasuk dari program Presiden Joko Widodo agar program tol laut semakin membaik.

"Saya telah memerintahkan Dirjen Perhubungan Laut untuk melakukan evaluasi program tol laut agar dapat berjalan lebih baik. Saya minta seluruh stakeholder di sektor transportasi laut untuk ikut mendukung,” ucap Budi Karya dalam keterangan pers, Rabu, 3 Juli 2019.

Pagu Anggaran Kemenhub 2024 Tambah Rp 400 Miliar Jadi Rp 38,47 Triliun

Selain itu, berdasarkan keterangan Ditjen Perhubungan Laut, evaluasi dilakukan menyusul karena adanya laporan dari masyarakat terkait keterlambatan jadwal kedatangan kapal tol laut di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku dan Pulau Larat, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Keterlambatan tersebut dikarenakan Kapal Feeder Kandaga V yang melayani rute Moa, Larat, Kisar, Moa mengalami kerusakan crane, sehingga memerlukan waktu perbaikan. 

Jokowi Dinilai Sejahterakan Masyarakat Kepulauan Lewat Pembangunan Tol Laut

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Budi meminta Dirjen Perhubungan Laut untuk menyiapkan kapal pengganti dan menindak serta mengganti operator yang lebih kompeten. 

"Saya mengintruksikan kepada Dirjen Perhubungan Laut untuk menindak operator kapal terkait dan menyiapkan kapal pengganti,” ujarnya. (ase)

Capres nomor urut satu Anies Baswedan

Ditanya Nelayan soal Program Tol Laut Jokowi, Anies Baswedan Jawab Itu Proyek Gagal

Anies Baswedan ditanya oleh nelayan tentang program tol laut yang digagas oleh Presiden Jokowi saat dia mengunjungi Pantai Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023