Bumi Resources Minerals Akan Tambah Modal untuk Lunasi Utang

Fasilitas tambang emas PT Bumi Resources Minerals Tbk di Poboya, Palu
Sumber :
  • Bumi Resources Minerals

VIVA – PT Bumi Resources Minerals Tbk berencana untuk menambah modal tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu. Upaya penambahan modal itu untuk pelunasan utang

Ekspansi di Tengah Ketidakpastian Global, 6 Emiten Raih Best Investortrust Companies 2024

Keterbukaan informasi perseroan tersebut juga telah disampaikan ke Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam transaksi tersebut, Bumi Resources Minerals berencana untuk menerbitkan 14.591.308.925 saham baru (seri B) pada harga Rp50. Seluruh saham baru tersebut akan diambil oleh salah satu kreditur dari Bumi Resources Minerals, yaitu Wexler Capital Pte. Ltd. melalui transaksi konversi utang menjadi saham dalam rangka pelunasan pinjaman US$52 juta (sekitar Rp729 miliar).

Alfamart Bagikan Dividen Rp1,1 Triliun, 35 Persen Laba Bersih 2023

Setelah pelaksanaan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu dan  konversi utang menjadi saham, diharapkan Bumi Resources Minerals dapat memperoleh beberapa manfaat.

Di antaranya, neraca Bumi Resources Minerals akan menunjukkan penurunan utang dan peningkatan ekuitas. Hal ini akan berdampak terhadap perbaikan rasio utang terhadap ekuitas dari sebelumnya 0,21 kali menjadi 0,1 kali setelah transaksi.

IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan, Saham-saham Ini Patut Dicermati

Selanjutnya, penurunan utang sebesar US$52 juta akan memperbaiki likuiditas perusahaan, dan memberikan kesempatan untuk mengoptimalkan struktur permodalannya guna pendanaan usahanya di
masa mendatang.

Setelah penyelesaian transaksi ini, kepemilikan para pemegang saham minoritas di Bumi Resources Minerals hanya akan terdilusi sekitar 2,3 persen. Bumi Resources Minerals berencana untuk meminta persetujuan dari para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 24 Juni 2020.

BTS XL Axiata.

Penjelasan XL Axiata ke BEI soal Tujuan Merger dengan Smartfren

Manajemen PT XL Axiata Tbk (EXCL) buka suara soal tujuan melakukan merger dengan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) alias Smartfren.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024