Jamu Kesukaan Jokowi Jadi Inspirasi Pengusaha Ini di Tengah COVID-19

Ilustrasi minuman empon-empon
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Kalangan pengusaha mengaku sangat terdampak dengan adanya pandemi Virus Corona atau  COVID-19. Meski begitu, dengan berbagai inovasi produk yang dilakukan, roda bisnis bisa terus berjalan.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Pengusaha asal Bandung Jawa Barat, Jodi Janitra misalnya. Dia mengaku telah memodifikasi bisnisnya dari semula sebatas kafe, menjadi memproduksi kue kering. Sebab, pengunjung kafe turun drastis akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Aturan pemerintah Kota Bandung bahwa jam operasional itu hanya sampai jam 9 malam. Padahal kafe ini tempat nongkrong anak muda yang ramainya jelang tengah malam, jadi kita cari cara," kata dia secara virtual, Selasa, 6 Oktober 2020.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Baca juga: Simulasi Pesangon PHK Versi UU Cipta Kerja, Jadi Cuma 25 Kali Gaji

Kue kering yang dijajakannya tersebut, bahkan terinsipirasi dari jamu empon-empon yang sering diperkenalkan Presiden Joko Widodo saat awal merebaknya COVID-19. Jokowi bahkan menyajikan jamu itu kepada tamu-tamu negaranya.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Jamu tersebut, dikatakan Jodi, telah dia modifikasi untuk menjadi kue kering. Dengan demikian, bisa menjadi suguhan cemilan baru bagi masyarakat yang tidak terlalu meyukai jamu, sebab jamu itu disebut-sebut memiliki banyak khasiat.

"Pas awal-awal, pada April kita bikin inovasi sedikit karena kita ahli kue kering, waktu itu juga kita lihat di sosial media pak presiden tuh posting jamu empon-empon, nah kita coba bikin kukis empon-empon karena mungkin ada beberapa yang gak suka jamu," kata dia.

Dengan inovasi sederhana tersebut, Jodi mengaku bahwa pendapatan bisnisnya kembali mulai naik. Bahkan, dia mengklaim bahwa kukis empon-empon yang dia jajakan tersebut menjadi best seller, karenanya dia meminta masyarakat terus berinovasi.

"Ya lumayan sih agak naik dalam waktu sebentar sudah jadi best seller. Ada banyak sih hal-hal yang dilakukan di pandemi ini," kata Jodi yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya