Indonesia Siap Hentikan Membangun Pembangkit Listrik Batubara

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai alternatif pembangkit listrik batubara.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –Setidaknya 23 negara membuat komitmen baru untuk menghentikan pembangkit listrik batu bara, termasuk Indonesia, Vietnam, Polandia, Korea Selatan, Mesir, Spanyol, Nepal, Singapura, Chili, dan Ukraina. Mereka juga berkomitmen untuk meningkatkan daya bersih dan memastikan transisi yang adil dari batu bara.

Resmi 17 Tahun Berkiprah, Pertagas Mulai Kembangkan Potensi Bisnis Petrokimia dan Energi Bersih

Komitmen tersebut disampaikan saat Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim (COP26) di Glasgow, Skotlandi, dikutip dari siaran pers UNFCCC. Bank-bank internasional besar berkomitmen untuk secara efektif mengakhiri semua pembiayaan publik internasional untuk pembangkit listrik tenaga batu bara baru yang tidak berkurang pada akhir 2021

Setidaknya 25 negara dan lembaga keuangan publik berkomitmen untuk mengakhiri dukungan publik internasional untuk sektor energi bahan bakar fosil pada akhir tahun 2022. Dorongan datang karena secara keseluruhan koalisi beranggotakan 190 orang setuju untuk menghentikan pembangkit listrik tenaga batu bara dan mengakhiri dukungan untuk pembangkit listrik tenaga batu bara baru berkat paket dukungan dari Inggris dan mitra internasional. 

Fabby Tumiwa Sebut Proses Lelang dan Pengadaan PLTS Harus Transparan

Transisi yang adil ke energi bersih dan penghentian penggunaan batu bara secara cepat telah menjadi inti dari Kepresidenan COP26 sebagai bagian dari upayanya untuk meminimalkan kenaikan suhu sejalan dengan Perjanjian Paris. Luasnya komitmen di Glasgow menandakan dunia sedang bergerak menuju masa depan yang terbarukan.

Bank setop pembiayaan

Menko Airlangga Rayu Australia Investasi Energi Bersih di RI

Bank dan lembaga keuangan juga membuat komitmen penting di COP26 hari ini untuk mengakhiri pendanaan batu bara, termasuk pemberi pinjaman internasional besar seperti HSBC, Fidelity International, dan Ethos.

Ini mengikuti pengumuman baru-baru ini dari China, Jepang dan Korea Selatan untuk mengakhiri pembiayaan batubara luar negeri yang sekarang berarti semua pembiayaan internasional publik yang signifikan untuk tenaga batubara telah berakhir secara efektif.

Selain itu, sekelompok 25 negara termasuk mitra COP26 Italia, Kanada, Amerika Serikat dan Denmark bersama dengan lembaga keuangan publik telah menandatangani pernyataan bersama yang dipimpin Inggris yang berkomitmen untuk mengakhiri dukungan publik internasional untuk sektor energi bahan bakar fosil yang tidak berkurang pada akhir 2022 dan sebagai gantinya memprioritaskan dukungan untuk transisi energi bersih.

Secara kolektif, ini dapat menggeser sekitar US$17,8 miliar per tahun dalam dukungan publik dari bahan bakar fosil dan menjadi transisi energi bersih. Negara-negara berkembang termasuk Ethiopia, Fiji dan Kepulauan Marshall menawarkan dukungan mereka, menandakan persatuan yang semakin besar. Ini adalah agenda inklusif yang harus mengakui pembangunan dan kebutuhan energi semua ekonomi

Ini adalah langkah bersejarah. Ini adalah pertama kalinya kepresidenan COP memprioritaskan masalah ini dan memberikan tanggal akhir yang berani pada pembiayaan bahan bakar fosil internasional. COP26 telah menetapkan standar emas baru di Paris Alignment keuangan publik internasional dan mengirimkan sinyal yang jelas bagi investor swasta untuk mengikuti.

Hari ini, 28 anggota baru juga mendaftar ke aliansi terbesar di dunia untuk menghentikan penggunaan batu bara. The Powering Past Coal Alliance, diluncurkan dan diketuai bersama oleh Inggris dan Kanada. Anggota baru termasuk Chili dan Singapura, bergabung dengan lebih dari 160 negara, sub-nasional dan bisnis.

Ada penurunan 76% dalam jumlah pembangkit listrik tenaga batu bara baru yang direncanakan secara global selama enam tahun terakhir sejak Perjanjian Paris diadopsi. Ini sama dengan pembatalan lebih dari 1.000GW pembangkit listrik tenaga batu bara baru.

Dalam pengumuman terpisah, negara-negara berkembang utama hari ini mengambil langkah signifikan untuk beralih dari batu bara ke energi bersih. India, Indonesia, Filipina, dan Afrika Selatan mengumumkan kemitraan dengan Dana Investasi Iklim untuk mempercepat transisi mereka dari pembangkit listrik tenaga batu bara, yang didukung oleh fasilitas khusus senilai $2 miliar. 

Indonesia dan Filipina mengumumkan kemitraan perintis dengan Bank Pembangunan Asia untuk mendukung penghentian dini pembangkit listrik tenaga batu bara. Hal ini mengikuti kesepakatan terobosan senilai US$8,5 miliar untuk mendukung transisi adil Afrika Selatan ke energi bersih yang diumumkan pada KTT Pemimpin Dunia pada Selasa.

“Sejak awal Kepresidenan Inggris, kami telah jelas bahwa COP26 harus menjadi COP yang menyerahkan batu bara ke dalam sejarah. Dengan komitmen ambisius yang kita lihat hari ini, akhir dari pembangkit listrik tenaga batu bara sudah di depan mata," kata Presiden COP26, Alok Sharma. 

Ia menambahkan, “Bersama-sama kita dapat mempercepat akses listrik untuk lebih dari tiga perempat miliar orang yang saat ini tidak memiliki akses, menyerahkan kemiskinan energi ke dalam sejarah saat kita menciptakan masa depan energi bersih yang dibutuhkan untuk menjaga 1,5 tetap hidup.”

Sebanyak 13 negara termasuk India, Indonesia, Jepang dan Nigeria berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi produk terbesar yang pernah ada dengan menandatangani tujuan global untuk menggandakan efisiensi pencahayaan, pendinginan pada 2030 dengan dukungan dari inisiatif EP100 dari Climate Group sebesar 129 bisnis.

Peluncuran Aliansi Hidrogen Hijau Afrika dan Amerika Latin dengan keanggotaan dari enam negara Afrika dan lima negara Amerika Latin. Mereka bertujuan untuk memulai pengembangan jutaan metrik ton produksi hidrogen hijau mendekati nol karbon yang andal untuk digunakan dalam industri domestik dan internasional di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya