Mengenal A Rinto Pudyantoro, Bos Humas Baru SKK Migas

Rinto Pudyantoro
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – A. Rinto Pudyantoro merupakan salah seorang Kepala Divisi Program dan Komunikasi yang baru saja dilantik oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto Sabtu, (2/10) lalu. Ia menggantikan pejabat sebelumnya dalam posisi tersebut yang bernama Susana Kurniasih. Adapun, Susana Kurniasih memperoleh penugasan baru menjadi Vice President, Lingkungan Sekretaris SKK Migas. Sebelum itu, SKK Migas sendiri merupakan sebuah institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia lewat Peraturan Presiden Perpres Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Neraca Perdagangan RI Surplus 4 Tahun Beruntun, Terpanjang Sepanjang Sejarah?

SKK Migas ini mempunyai tugas untuk melaksanakan pengelolaan terhadap kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi menurut Kontrak Kerja Sama. Pembentukan Lembaga tersebut bertujuan untuk pengambilan sumber daya alam dan gas bumi milik negara bisa memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal untuk negara sebesar-besar kemakmuran rakyatnya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai A. Rinto Pudyantoro yang menjadi narasumber dalam acara Speed Talk yang dipandu oleh Indy Rahmawati dan akan segera tayang dalam kanal YouTube VDVC Talk.

Lantas, Siapa Sosok A. Rinto Pudyantoro?

Ekspor RI April 2024 Lesu, Disebabkan Logam Mulia dan Perhiasan

Karier A. Rinto Pudyantoro

Neraca Perdagangan RI Surplus 4 Tahun Beruntun, Capai US$3,56 Miliar di April 2024

Dr. A. Rinto Pudyantoro mengawali kariernya di industri perminyakan ketika ia bekerja pada salah satu perusahaan minyak Amerika, VICO Indonesia dari tahun 1999 sampai 2001. Pada perusahaan tersebut Rinto menduduki posisi sebagai Reporting Section Head. Kariernya kemudian berlanjut di British Petroleum Indonsia tahun 2001 sampai 2004 dengan posisi Controller BP West Java. Setelah keluar dari perusahaan tersebut, Rinto kemudian bekerja pada BP Migas, tahun 2012 berubah nama menjadi SKK Migas, sejak tahun 2004 dengan posisi sebagai senior manager.

Kemudian di tahun 2011, dia dipromosikan menjadi corporate secretary dan tahun 2012 menjadi senior manager. Selain aktif dalam berbagai pelatihan bisnis hulu migas dan mengajar di salah satu perguruan tinggi, Rinto juga aktif dalam menuliskan opsi pada berbagai media dan juga menulis buku. Salah satu buku yang pernah ditulis oleh Rinto bertajuk Bisnis Hulu Migas: Mengurai Persoalan dan Memahami Masa Depan Bisnis Hulu Migas Indonesia yang diterbitkan tahun 2019 lalu.

Pendidikan Formal

A. Rinto Pudyantoro mengenyam pendidikan sarjana dengan mengambil jurusan Akuntasi Universitas Gadjah Mada. Program sarjananya diselesaikan selama 5 tahun yaitu sekitar tahun 1985 sampai 1990. Kemudian, pendidikannya dilanjutkan dengan mengambil jurusan manajemen keuangan internasional di Institut Bisnis dan Informatika Indonesia. Program magisternya tersebut diselesaikan selama 3 tahun atau sekitar tahun 1998 sampai 2000. Lalu, untuk melengkapi gelarnya, Rinto melanjutkan pendidikan S3 di Institut Pertanian Bogor dengan mengambil jurusan Makro Ekonomi. Pendidikannya tersebut selesai sekitar tahun 2011 silam.

Nah, untuk menyaksikan keseruan ngobrol bersama Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK MIGAS, A. Rinto Pudyantoro, nantikan video selengkapnya yang akan segera tayang dalam kanal YouTube VDVC Talk dalam acara Speed Talk episode 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya