Jokowi Ingatkan Kepala Desa Hati-hati Kelola Dana Desa

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers Istana Kepresidenan.

VIVA – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi, menggelar acara Silaturrahmi Nasional 2022 di Jakarta, Selasa 29 Maret 2022. Presiden Jokowi hadir langsung dalam acara yang diselenggara di Istora Senayan ini.

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berbicara mengenai dana desa. Menurutnya, sampai tahun ini dana yang disalurkan untuk desa itu nominalnya mencapai Rp468 triliun.

"Jangan dipikir ini uang kecil loh, ini uang gede sekali, besar sekali, dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberi anggaran sampai Rp468 triliun itu belum pernah. Oleh sebab itu hati-hati dalam mengelola, memanage duit yang sangat besar sekali," kata Jokowi, Selasa 29 Maret 2022.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Baca juga: Kepala IKN Bertemu Jokowi, Bahas Pembiayaan dan Urunan Masyarakat

Jokowi mengatakan, untuk 2020 dan 2021, sebenarnya bisa lebih besar lagi. Namun karena pandemi COVID-19 maka terpaksa harus melakukan alokasi anggaran yang berdampak pada berkurangnya alokasi dana desa.

Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana

"Sebetulnya kemarin kalau tidak ada covid di 2020 saya sudah berpikir untuk menambah anggaran desa lebih gede lagi, tapi Tuhan belum mengizinkan karena uang yang dipake covid 2020 itu Rp690 triliun. Gede sekali, (tahun) 2021 Rp740 triliun gede banget," kata Jokowi.

dana desa dan partisipasi pembangunan masyarakat

Photo :
  • vstory

Karena butuh dana yang cukup besar untuk menanggulangi pandemi COVID-19, maka Pemerintah mengambil kebijakan untuk memangkas beberapa mata anggaran yang tidak begitu mendesak di berbagai kementerian.

"Sehingga dana seluruh kementerian juga kita potong kemudian dana untuk desa sedikit kita potong, sedikit loh, tidak banyak, tahun depan insya allah dikembalikan atau dinaikkan lagi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya