Bank Mandiri Siapkan Rp28 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai Lebaran

Rupiah/tunjangan hari raya (THR).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp28,28 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat, pada 7 April sampai 9 Mei 2022 atau saat periode Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H.

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengatakan, alokasi ini meningkat sekitar 25,6 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

"Langkah ini merupakan antisipasi perseroan terhadap keputusan pemerintah yang telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas rutin pada bulan Ramadan dan Idul Fitri, termasuk perjalanan mudik dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan," kata Rudi dalam keterangan tertulis, Rabu 13 April 2022.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Gedung Bank Mandiri

Photo :
  • VivaNews/ Nur Farida

Rudi menjelaskan, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri, yang diprediksi mencapai sekitar Rp1,65 triliun per hari atau naik 12,7 persen dari rerata kebutuhan harian pada tahun lalu. 

Lagi, Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

"Kami memperkirakan puncak net kebutuhan uang tunai akan terjadi pada dua pekan menjelang Lebaran, yang bertepatan dengan periode pembayaran gaji, THR, dan penyediaan kas untuk pengisian ATM selama akhir pekan dan libur lebaran," ujarnya.

Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri juga akan mengoptimalisasi pengisian 13.035 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia, mulai pekan depan hingga saat musim libur Lebaran.

"Persiapan khusus tentu kami lakukan untuk mesin-mesin ATM yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata," kata Rudi.

Sedangkan untuk kebutuhan transaksional, masyarakat dapat memanfaatkan super app Livin’ by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan.

"Seperti buka tabungan modal selfie, satu akun untuk semua tabungan, quick pick, cek saldo dan top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, Mandiri Tabungan Rencana (MTR) dan deposito, Quick Response (QR) payment dan smart reminder," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya