Pelabuhan Patimban Setop Operasional Ekspor Jelang Lebaran

Pelabuhan Patimban
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban Kabupaten Subang Jawa Barat menghentikan operasional ekspor dan impor menjelang lebaran mulai 30 April 2022. Sedangkan untuk operasional angkutan barang dan pergerakan kapal domestik berakhir sejak Rabu, 27 April 2022.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

Kepala KSOP Kelas II Patimban, Heri Purwanto menjelaskan, operasional kapal domestik dihentikan sementara sejak kedatangan kapal terakhir pada Rabu lalu. Untuk operasional ekspor masih akan dilaksanakan hingga 30 April 2022.

"Tanggal 30 April masih ada kapal untuk ekspor kendaraan, itu yang terakhir. Nanti akan dilanjutkan lagi setelah lebaran," ujar Heri, Kamis 28 April 2022.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Menurutnya, sudah ada Peraturan mengenai pembatasan angkutan barang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Darat.

"Jadi untuk kegiatan angkutan barang domestik sudah tidak ada lagi, terakhir kita kemarin hari Rabu," katanya.

Harga Beras Ekspor Vietnam Berada di Posisi Teratas Dunia

Pihaknya memastikan operasional Pelabuhan Patimban kembali aktif pada 6 Mei dan mulai efektif pada 9 Mei 2022 mendatang. "Tanggal 6 Mei mulai masuk lagi kapal tapi itupun masih sedikit, untuk kapal domestik. Efektifnya lagi mulai nanti Senin tanggal 9 Mei," pungkasnya.

Bea Cukai mendukung industri dalam negeri

Manfaatkan KITE, PT Sukses Komerindo Lepas Ekspor Perdana Sarung Tangan ke Australia

Manfaatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM) dari Bea Cukai, berhasil lepas ekspor perdana sarung tangan ke Australia.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024