Komitmen pada Prinsip EBT Jadi Sentimen Positif Saham PGN

Pekerja PGN.
Sumber :
  • Dok. PGN

VIVA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dinilai memiliki risiko jangka panjang dan dampak positif bisnis terhadap lingkungan yang sangat baik. Sehingga, hal ini dinilai akan turut menjadi sentimen positif, terhadap rekomendasi saham PGN perusahaan sub-holding PT Pertamina (Persero) tersebut.

Benarkah Ada Plastik yang Bisa 'Bunuh Diri'

Riset RHB Sekuritas Group dalam laporan Indonesia Company Update menyebut, score Environmental, Social, dan Governance (ESG Score) dari PGN terpantau sangat baik. 

Dari score atau rating tertinggi 4, PGAS berhasil meraih angka 2,83, sementara dari sisi Environmental (Lingkungan) PGAS meraih nilai positif (Good) akibat kontribusinya dalam pengembangan energi terbarukan.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Baca juga: Mau Masuk Pialang Berjangka, Bappebti Ingatkan Ini ke Nasabah

"Komitmen ini merupakan peran aktif PGAS dalam memajukan energi baru terbarukan di Indonesia. Terkait pengelolaan sampah, strategi PGAS adalah mengurangi sampah dari sumbernya (reduction at source)," sebagaimana dikutip dari hasil riset RHB Sekuritas Group, Rabu 25 Mei 2022.

PLN Indonesia Power Siapkan Ragam Listrik EBT untuk Kebutuhan 35 Tahun ke Depan

Hal itu berarti bahwa berdasarkan hasil analisa RHB yang diterbitkan pada 13 Mei 2022 lalu, PGN telah berusaha mengurangi jumlah limbah melalui perencanaan dengan meminimalkan dampak pembuangan limbah.

Sedangkan dari sisi Social (Sosial) yang juga meraih nilai positif (Good), PGN dinilai berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diwujudkan dalam beberapa hal, yakni mulai dari kesehatan, kesejahteraan masyarakat, hingga pendidikan. 

”PGAS menerapkan ISO 26000 dalam melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan agar program-program tersebut efektif, efisien dan bermanfaat besar. Di masa pandemi, perusahaan bergerak cepat untuk mendukung Pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak," tulis riset RHB.

Ilustrasi Pipa Gas PGN.

Photo :
  • Dok. PGN

Adapun dari sisi Governance (Tata Kelola), PGN mendapat nilai Positif (Good) karena berkomitmen untuk mengedepankan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG). Khususnya yakni soal transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, dan kewajaran.  

"Hal ini juga mengintegrasikan prinsip dan praktik keberlanjutan dengan memperhatikan lima aspek penting yaitu, manusia, planet, kemakmuran, perdamaian, dan, kemitraan," ujarnya.

Sebagai informasi, dengan terus positifnya fundamental dan kinerja keuangan, riset RHB Group merekomendasikan beli (buy) untuk saham PGAS dengan target harga Rp1.800 pada jangka pendek. Rekomendasi ini mempertimbangkan pada positifnya kinerja PGAS pada kuartal I-2022.

Pada tiga bulan awal 2022, PGAS mencatatkan laba bersih senilai US$118,5 juta, atau setara sekitar Rp1,7 triliun. Capaian itu tercatat melesat signifikan hingga 92,68 persen, dibandingkan capaian US$61,5 juta pada kuartal I-2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya