Siasat Agen Travel di Tengah Meroketnya Harga Tiket Pesawat

Calon penumpang di bandara berjalan menuju pesawat terbang. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

VIVA Bisnis – Meroketnya harga tiket pesawat, berdampak dengan menurunnya minat wisatawan Indonesia ke luar negeri. Hal inipun, tentunya turut berimbas pada bisnis pariwisata, terutama travel atau agen jasa perjalanan wisata.

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, kondisi mahalnya harga tiket pesawat dipicu adanya kenaikan harga avtur pesawat, menguatnya dolar AS terhadap rupiah, dan revenge travel atau kenaikan kunjungan akibat relaksasi COVID-19.

"Banyak faktor yang menjadikan naiknya harga tiket pesawat. Makanya, kami pun akan terus mendorong agar harga tiket ini bisa diatasi, sehingga perekonomian pariwisata tetap terus berjalan bahkan meningkat," katanya.

Mitsubishi Motors Buka Layanan Bodi dan Cat Resmi di Serang

Baca juga: Stok Pertalite Cuma Cukup 15 Hari Lagi, Ini Kata Pertamina

Alhasil dengan kondisi itu, sejumlah agen harus memutar cara untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Di mana, mereka mulai melakukan siasat dengan memberikan promo liburan jangka panjang.

Beli BBM di SPBU Pertamina Hari Ini Dapat Promo

Seperti salah satu travel Cheria Holiday, yang memberikan promo liburan wisata halal dalam jangka panjang.

CEO PT Cheria Holiday, Cheriatna mengatakan, promo yang diberikan yakni dengan membeli paket tur yang bonusnya healing ke Turki gratis selama seminggu dengan sederet destinasi, seperti Cappadocia Hot Air Ballon, Bosphorus Cruise, Ephesus Ancient City, hingga Hagia Sophia.

Ilustrasi Pesawat Wings Air yang layani rute Kupang-Ruteng.

Photo :
  • VIVA/Jo Kenaru

"Dengan kondisi tiket pesawat yang mahal, tentunya menjadi tantangan baru setelah pandemi. Makanya kami atasi dengan memanjakan konsumen untuk paket wisata halal menarik yakni, program istimewa eksplor Dubai-Abu Dhabi 5 hari 4 malam dengan hadiah fantastis healing ke Turki selama 7 hari 6 malam. Harga paket Rp19 juta, yang bonusnya senilai Rp15 jutaan," katanya di Tangerang, dikutip Rabu 3 Agustus 2022.

Lanjut dia, program ini pun sangat terbatas di mana hanya ada 3 periode keberangkatan dengan kuota 30 orang per bulan.

"Promo kita buka sampai bulan November, jelang akhir tahun dan ini juga sebagai komitmen kami untuk menyiasati wisata halal yang murah dan nyaman," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya