BRMS hingga Bakrie Amanah Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pantai Bahagia

Ilustrasi tanam mangrove
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA Bisnis – PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) bersama Universitas Bakrie dan Bakrie Amanah melakukan program penanaman 1.000 pohon mangrove di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Melesat 250%, Pendapatan Bumi Resources Minerals (BRMS) Q1-2024 Capai US$20,3 Juta

Selain untuk menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, kegiatan ini sekaligus mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Penanaman mangrove tersebut juga bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosistem darat dan laut.
 
Direktur Utama BRMS, Agus Projosasmito mengatakan, BRMS dan unit bisnisnya akan terus berkomitmen menjaga dan melestarikan ekosistem lingkungan secara berkelanjutan, terutama di sekitar lokasi tambang BRMS.

"Kami mengapresiasi tim BRMS, para mahasiswa, dan relawan yang terlibat dalam aksi penanaman 1.000 pohon mangrove pada hari ini, sekaligus menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77," kata Agus dalam keterangannya, Kamis 18 Agustus 2022.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (ilustrasi)

Photo :
  • Dokumentasi PT Bumi Resources Minerals Tbk.

Penanaman bibit pohon mangrove dilakukan oleh divisi Corporate Social Responsibility (CSR) BRMS, bersama dengan dosen dan mahasiswa Universitas Bakrie, Tim Bakrie Amanah, serta didukung oleh Komunitas Lindungi Hutan.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Mangrove Mengurangi Dampak Abrasi

Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Ahmad Qurtubi, mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada BRMS, atas aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di desa mereka tersebut.

"Karena ini akan membantu mengurangi dampak abrasi dari air laut Jawa, yang melimpah masuk ke arah daratan Desa kami," ujar Qurtubi.

Diketahui, hutan mangrove Indonesia dapat menyimpan lima kali karbon lebih banyak per hektare-nya, dibandingkan dengan hutan tropis dataran tinggi. Serta, bisa juga mencegah terjadinya abrasi, mengurangi pencemaran laut, dan mampu meningkatkan kadar oksigen di udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya