Renovasi TMII 98%, Menteri Basuki: Konsepnya Destinasi Wisata Rakyat

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Revitalisasi TMII
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mendampingi Presiden Jokowi meninjau progres renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dongkrak Okupansi Penginapan, Sandiaga: 300 Ribu Orang Bakal Kunjungi Candi Borobudur saat Waisak

Penataan dan revitalisasi TMII itu utamanya dalam rangka persiapan Presidensi Indonesia pada KTT G20 November 2022, sekaligus meningkatkan pelayanan TMII sebagai destinasi wisata rakyat sejak tahun 1970-an.

Presiden Jokowi mengatakan, TMII merupakan kawasan taman wisata yang merangkum ragam budaya bangsa Indonesia, dan kebhinekaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Selain itu, sejak dibangun pada tahun 1975, belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran di TMII.

Wow! Arab Saudi Bakal Beli Wilayah Ras Ghamila Milik Mesir Rp 564,6 Triliun

Baca juga: Hitungan Sri Mulyani Anggaran Subsidi-Kompensasi Naik Jika Ini Terjadi

"Kita harapkan setelah direnovasi akan menjadi sebuah Taman Mini Indonesia untuk tujuan wisata masyarakat domestik dan juga wisatawan mancanegara. Saya pesan tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus tetap bisa menikmati TMII," kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa 23 Agustus 2022.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Jokowi juga berpesan kepada para Gubernur untuk melakukan perbaikan pada anjungan daerah masing-masing provinsi, sehingga seluruhnya dapat terlihat baru.

"Saya juga meminta untuk dilakukan pengelolaan acara seni budaya, event secara rutin, setiap minggu atau bulan di setiap anjungan atau panggung terbuka. Harus ada calender event yang jelas agar menjadi tontonan yang menarik," ujar Presiden.

Presiden Jokowi saat meninjau proses renovasi TMII

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan TMII dilakukan agar suasana lebih alami, dengan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat. "Terdapat tiga destinasi wisata rakyat di Jakarta yakni Ragunan, Ancol, dan TMII yang kita tata ini," kata Menteri Basuki

Setelah revitalisasi ini, Basuki secara pribadi mengaku ingin agar TMII tetap menjadi destinasi wisata rakyat. Dimana misalnya masyarakat yang datang bisa menggelar tikar untuk makan siang dan bersantai menikmati fasilitas yang ada.

"Itu tetap harus ada, seperti di tempat wisata Ragunan dan Ancol. Saya juga berharap tarif tidak naik," ujarnya.

Museum Komodo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Diketahui, renovasi TMII yang dimulai sejak Januari 2022 ini progresnya sudah mencapai 98 persen. Luas area pekerjaan meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektare, dan kawasan seluas 26,56 hektare.  

Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan dalam tiga zona, dengan total anggaran sebesar Rp1,08 triliun. Zona 1 dengan tema Indonesia Klasik 'elegan dan geometri', di antaranya penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur, di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego. Zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya