Cara Taspen Pastikan Investasi yang Dilakukan Dapat Hasil Maksimal

Menara Taspen (Arthaloka Building)
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Bisnis – Direktur Utama Taspen A N S. Kosasih menegaskan, pihaknya memastikan menerapkan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap keputusan investasi dan menjalankan operasional perusahaan.

MK Tolak Gugatan PPP Soal Pergeseran Suara ke Partai Garuda di Jateng, Ini Alasannya

Salah satunya diwujudkan dengan, Taspen selalu memberikan laporan pengelolaan dana investasi kepada Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan OJK secara periodik. Serta dilakukan juga audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

“Sebagai BUMN, PT Taspen memiliki kewajiban mutlak untuk mematuhi prinsip Tata Kelola Perusahaan. Prinsip tersebut menjadi acuan kami dalam melaksanakan investasi dan pengelolaan bisnis,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan DPR, dikutip dari keterangannya, Kamis, 15 September 2022.

Anggota DPR Respons Soal MIND ID Dorong Hilirisasi Komoditas Tambang: Demi Indonesia Emas

Direktur Utama Taspen A N S Kosasih

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

Dia menegaskan, ke depannya Taspen akan terus menjalankan prinsip GCG yang ketat. Guna memberikan imbal hasil investasi yang maksimal melalui penerapan sistem operasional perusahaan yang transparan.

Raksasa Energi Terbarukan Uni Emirat Arab Bakal Bangun Proyek EBT di IKN

Selain itu, seluruh kinerja PT Taspen, khususnya di bidang pengelolaan investasi dan operasional, senantiasa diaudit oleh BPK. Antara lain terkait sistem pengelolaan Program Pensiun, Program Asuransi (Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kinerja, Jaminan Kematian), investasi, pendapatan, dan biaya operasional.

Berdasarkan hasil audit tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021, BPK menyimpulkan bahwa pengelolaan seluruh investasi dan program TASPEN telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lalu peraturan internal, dan perjanjian kerja sama dalam semua hal yang material dan tidak pernah ditemukan kerugian negara akibat kegiatan investasi dan bisnis PT Taspen.

Taspen juga berkomitmen untuk terus fokus menghadirkan inovasi layanan yang memberikan kemudahan bagi peserta. Guna menghasilkan manfaat yang maksimal yang menjadi pedoman Taspen untuk menjamin kesejahteraan masa depan para peserta ASN dan pensiunan ASN.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Merespons hal tersebut, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengapresiasi pengelolaan investasi dan operasional PT Taspen (persero). Yang, sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance.

“Kami berharap TASPEN terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan, agar semakin mampu memaksimalkan pelayanan kepada para peserta melalui beragam program inovasi. Tentu, semuanya tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian dan dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya