Cegah Kecelakaan Maut di Jalan Tol, PUPR Desak BUJT Sediakan Alat Ini

Kecelakaan di Tol Pejagan-Pemalang
Sumber :
  • tvOne / Teguh Sutrisno

VIVA Bisnis – Kecelakaan maut yang sering terjadi beberapa waktu terakhir di Jalan tol Trans jawa telah merenggut banyak korban jiwa. Selain karena faktor kelalaian pengemudi, ada juga faktor keamanan jalan tol seperti yang terjadi pada kecelakaan di Tol Pejagan-Pemalang KM253.

Waspada Aksi Anak-anak Lempar Batu ke Mobil di Jalan Tol

Menanggapi kejadian tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) yang merupakan penanggung jawab jalan tol meminta kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) meningkatkan pengawasan terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) sesuai dengan standar operasi dan prosedur atau SOP yang berlaku.

Dilansir dari Instagram @kemenpupr, Selasa 20 September 2022, Kementerian PUPR meminta kepada BUJT untuk meningkatkan patroli rutin, memperbanyak pemasangan kamera CCTV, dan kamera monitoring kecepatan di seluruh ruas tol.

Sekolah-sekolah di Mimika Antusias Ikuti Workshop Keamanan Digital

Baca juga: 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian. (kanan)

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jalan tol, serta mengurangi risiko gangguan yang bersumber dari berbagai kegiatan sosial ekonomi yang dapat memengaruhi atau bahkan menimbulkan bahaya bagi para pengguna jalan tol.

Seperti diketahui, perlunya kelengkapan keamanan di dalam jalan tol penting dilakukan usai terjadinya kecelakaan beruntun pada Minggu 18 September 2022 lalu di Jalan Tol Pejagan-Pemalang KM253 yang salah satunya dipicu oleh asap tebal pembakaran sawah di pinggiran tol.

Ilustrasi Jalan tol

Photo :
  • Jasa Marga

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menyampaikan dukacita yang mendalam atas peristiwa kecelakaan tersebut.

Kementerian PUPR memberikan dukungan penuh kepada pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang sedang melakukan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab dan kronologi kecelakaan tersebut.

Untuk itu, selama berkendara, para pengguna jalan agar senantiasa berhati-hati, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, waspada dalam berkendara, beristirahat saat lelah, menjaga kondisi kendaraan selalu prima, dan utamakan keselamatan bukan kecepatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya